Wednesday, July 8, 2015

Kelemahan dan Kelebihan BPJS

Pengantar:
BPJS Kesehatan adalah bagus, namun memiliki kelemahan seperti dibawah, idealnya kita punya BPJS dan Asuransi Kesehatan Pribadi berupa Kartu Kesehatan seperti PruHS, atau Medical Benefit 8 kalo di Panin Life (bukan sistem bayar duluan/reimbursment) dari Perusahaan asuransi komersial swasta.

Kelebihan BPJS:
1. Tidak ada masa tunggu kartu BPJS kesehatannya, dimana kartu kesehatan swasta lain ada masa tunggu 30 hari kecuali terkena kecelakaan tanpa masa tunggu 30 hari.
2. Cover sampai usia berapa-pun.
3. Tidak ada syarat Preexisting conditions, artinya jika pasien sebelum apply BPJS sudah ada penyakit batu ginjal maka BPJS tetap akan mengcover.
4. Premi bulanannya murah 20rb s/d 60rb sedangkan Asuransi Swasta minimal 255rb per bulan --> asumsi Kartu Kesehatan MB.8 (cashless masuk rumah sakit tidak bayar) dari Panin Life
5. Bisa rawat jalan pulang hari kalo terkena penyakit demam, panas, batuk dicover dimana asuransi swasta tidak bisa mesti nginap 1x24 jam baru dicover.

Kelemahan BPJS:
1. Antri karena murah -->  Fatal
2. Sistem Hangus, karena tidak ada nilai tunainya.
3. Obat Generik, dimana kalau Asuransi Swasta adalah yang obat-obatan terbaik
4. Suka dianggap sebelah mata oleh pihak rumah sakit / Pelayanan Buruk. --> Buruk
5. Suka dilama-lamain. --->  Fatal karena bisa meninggal
6. Masa Bayar seumur hidup, dimana kalo Asuransi swasta masa bayar bisa 7-10 tahun saja.
7. Harus via rujukan Puskesmas untuk ke Rumah Sakit. --> Agak Fatal
8. Tidak bisa bebas pilih rumah sakit --> Agak Fatal


SOLUSI (lihat dibawah):

BPJS Bagus, seperti sebagaimana kelebihan-kelebihan diatas, namun ada baiknya kita punya juga Fasilitas Asuransi Kesehatan dari Perush Swasta untuk mengatasi solusi kelemahan-kelemahan yang ada pada BPJS.

Asuransi Kesehatan dari PaninDai-ichi Life:

- Masa Setoran cuma 7 s/d 10 tahun stop bayar premi lalu mengcover kesehatan Anda seterusnya sampai usia Anda 75 tahun.
- Ada Nilai Tunainya jadi setoran anda tidak hangus bisa dicairkan sebagian untuk setelah jangka waktu panjang diatas 10 s/d 20 tahun jadi bisa untuk Dana hari tua juga.
- Premi Sangat murah mulai dari 350rb / bulan tergantung usia Anda.
- Mendapatkan Kartu Sakti Kesehatan Medical Benefit 8 (Hanya Perush Asuransi Besar yang punya Kartu Kesehatan ini) --> Kelebihannya per penyakit tidak dijatah dimana perush besar swasta lain per penyakit dijatah jadi nombok nya akan lebih besar, jadi Panin mengantisipasi hal ini dengan dikeluarkannya kartu Medical Benefit 8.
- Untuk Plan A batas limit manfaat 108 juta / tahun semua penyakit.
- Bukan sistem Reimbursment dimana mesti keluar duit dulu untuk membayar rumah sakit.
- Untuk klaim bisa lebih mudah karena Bank Panin banyak ada dimana-mana.

Kartu MB8








Contoh dari Ilustrasi:
Jika Anda Laki-laki usia 25 tahun dengan setoran 350rb perbulan selama 10 tahun setor saja maka pada saat Anda berusia 55 tahun akan memberikan dana hari tua kepada Anda sebesar kurang lebih 1,6 Milyar (bkn angka pasti). sedangkan untuk wanita berusia 25 tahun akan mendapatkan 1,5 Milyar pada usia 55 tahun. (untuk wanita kenapa lebih kecil karena biaya asuransi untuk wanita lebih besar)





Untuk Ilustrasi atau Info Hub:
Yudha Eka Prasetia (Panin Life Financial Advisor)
HP: 08388-031-555 (SMS / Telp boleh 24 jam)
Pin: 277aba07


2 comments: