Saturday, November 10, 2012

Perbedaan dan Persamaan Suku Jawa dan Sunda


Kali ini saya akan mengulas tentang perbedaan dan persamaan suku Jawa dan Sunda, Jawa dan Sunda adalah seperti saudara. Ibarat kakak dan adik jadi memiliki sifat yang mirip, sama atau hampir sama. Jawa adalah Kakak, dan Sunda adalah Adik. Jadi hapuskan pemikiran-stigma perkawinan jawa-sunda tak cocok, karena perkawinan sesuku juga bisa memiliki resiko tak cocok. Kalau kata MTGW mau beda atau sama itu bukan patokan yang penting adalah damai atau mendamaikan.

Persamaan:
- Berada di Pulau Jawa
- Suka berkelakar, Guyon, Bercanda, dan Melawak.
- Punya sifat yang sama seperti suka ngerasani, dan curhat 
- Ada yang bermata belok dan ada yang bermata agak sipit.
- Punya selera humor yang tinggi (taste of humor) bukti ada grup lawak Srimulat, Bagito, Sule dll sedang di Pulau Non Jawa jarang ada terdengar grup lawak.


Perbedaan:
- Warna Kulit suku Jawa punya kecenderungan lebih Gelap/Sawo Matang (jawa timur cenderung paling hitam/gelap), sedangkan suku Sunda lebih Putih tergantung daerah juga tambahan dari replyer

Orang sunda itu ada 4 jenis. Orang sunda banten ,orang sunda priangan, orang sunda Karawang, orang sunda cirebonan (kuningan,cirebon,subang). Di antara ke 4 ini sebenernya paling putih itu orang banten selatan khususnya sekitar daerah lebak,ciomas,dan pandeglang. Di situ orang sundanya paling orisinil di lihat dr bahasanya sama rata2 orang situ bermata agak sipit beda jika di bandingkan dengan orang banten utara yang mayoritas gelap kulitnya. Kedua yaitu orang parahyangan yang skrg terkenal dengan mojang parahyangan lalu di susul dengan sunda cirebonan lalu yang paling gelap ialah sunda karawang. Mungkin karena iklim yg panas dan gersang serta dekat dengan pantai.

- Suku Jawa wajahnya lebih dewasa/old face, sedang Suku Sunda wajahnya lebih muda/cute Face.
- Suku Jawa Agak Punya lebih banyak Ilmu dibanding Suku Sunda.
- Suku Jawa biasanya berkerja pada hal-hal keras/keuletan, sedangkan suku sunda lebih kepada jenis pekerjaan yang pintar, agak santai tapi menghasilkan.
- Suku Jawa lebih kuat norma kesopan-santunan / tata krama daripada suku sunda.
- Ada Kecenderungan Pinggang wanita Jawa lebih lurus sedang wanita Sunda lebih berlekuk (curvy).
- Suku Jawa lebih suka memberi ataupun itu dermawan tanpa perhitungan yg njliment.
- Wanita suku jawa sedikit lebih dewasa sedangkan suku sunda lebih Manja.
- Suku Jawa lebih peka daripada suku sunda.
- Artis dari suku Sunda lebih ramai berita cerai dibanding suku Jawa.
- Suku Jawa lebih terkenal setia kecuali salah satu selingkuh.
- Wanita dari Suku Sunda lebih Cantik daripada wanita Jawa. dan begitu pula Prianya Sunda lebih ganteng/lebih manis daripada pria Jawa.
- Suku Sunda sedikit lebih aman dari syirik kecil daripada suku jawa.
- Suku Jawa agak ambisius terbukti pemimpin kita Soekarno, Soeharto, SBY, Gusdur, Jokowi adalah orang Jawa, begitu pula Kerajaan Majapahit yang pernah mendunia adalah dari daerah Jawa. 
- Wanita suku sunda kurang suka / tidak suka / tidak rela untuk di polygami bahkan rela untuk cerai sekalipun daripada suku jawa yang cenderung mau di polygami. 
- Wanita sunda suka menuntut, sedang wanita jawa cenderung nerimo.

Mitos-mitos
Pertanyaan: apa benar laki-laki-nya sunda, wanita nya jawa tidak cocok?

Jawab: Bisa ya bisa tidak, tergantung, asalkan punya iman yang kuat hal ini bisa diminimalisasi. atau masing-masing punya saling pengertian hal ini bisa diminimalisasi.

197 comments:

  1. "- Suku Jawa lebih Old/Mature Face, sedang Suku Sunda lebih Young/Cute Face"

    mosok to?kayaknya sama aja

    "- Suku Jawa Punya Lebih Banyak Ilmu dibanding Suku Sunda."

    maxute iki ilmu apa to?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kok, sy udah amati bertahun2....tpi klo punya pendapat lain ya silahkan tidak berdosa karena tidak menyalahi hukum agama....

      klo ilmu, ya ilmu di dalam semua hal kesehatan, petuah, ramalan, dan masih banyk lagi

      Delete
    2. Iyo kok panjengan ngak percoyo bahwa manuisia itu unik jawa sunda sami mawon indonesia

      Delete
    3. Iyo kok panjengan ngak percoyo bahwa manuisia itu unik jawa sunda sami mawon indonesia

      Delete
    4. Kalo masalah ganteng atau cantik , udah jelas sunda juaranya !

      Delete
    5. Suku jawa lebih banyak ilmu daripada suku sunda . . tapi kenapa lebih sejahtera suku sunda .. Percuma dong punya banyak ilmu tapi kalo masih susah

      Delete
    6. Kalo masalah ganteng atau cantik , udah jelas sunda juaranya !

      Delete
    7. ilmu mati kamsudnya
      bukan ilmu duniawi

      Delete
    8. apanya yg lebih sejahtera?? sunda jawa sama aja klo lihat persentasinya, orang jawa bnyk yg susah, orang sunda banyak jg yg blangsak, orang Sunda bnyk yg sukses, org Jawa lbh bnyk yg sukses. Ortu gw Jasun, bkp Sunda dan Mama Jawa alhamdulillah rumah tangganya awet sampe maut memisahkan.

      Delete
    9. Saya tinggal di tanah Sunda, tapi di daerah saya tidak suka orang Sunda. Karena kami sisa sisa penjajah Jawa, yang menjajah tanah Sunda ini. Jawa lebih kuat!!!!!!!

      Delete
  2. ini mah komen pribadi pake science & information segala

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting ke-orsiniliannya tidak copy paste..., memang opini pribadi...
      semua ilmu kan berawal dari pikiran menjadi opini, menjadi hipotesa, jadi teori jadi ilmu deh alias sains

      Delete
  3. Artikel gak bermutu, cuma cari sensasi doank dan ngejar rateing....

    ReplyDelete
  4. maaf, ini tulisan koq kyk asal2an saja ya. tanpa menggunakan bukti-bukti ilmiah yg kuat. Semua yg ditulis di atas merupakan pandangan subjektif. mana ada perbedaan fisik antara suku Sunda dan Jawa, dua-duannya sama2 masuk dlm sub ras melayu-mongoloid yang rata2 berkulit sawo matang. Memang pada kumpulan masyarakat tertentu ada yg mempunyai sejarah keturunan tersendiri, seperti org2 yg tinggal di kawasan priangan (Bandung), dan Wonosari (Yogya), mereka rata2 berkulit lebih terang. tpi tidak bs dikatakan kalo secara rata2 suku sunda berkulit lebih terang drpda suku Jawa. Itu pendapat yg naif bin ngawur. Mungkin kebetulan sj yg org Jawa yg dikenal akang Yudha nie yg berkulit gelap. Coba aja akang kenalan sm putri2 kraton Yogya atau Solo, mana ada mereka yg berkulit gelap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas mas. Putri keraton itu untuk ukuran sunda termasuk item mas. Orang sunda itu ada 4 jenis. Orang sunda banten ,orang sunda priangan, orang sunda Karawang, orang sunda cirebonan (kuningan,cirebon,subang). Di antara ke 4 ini sebenernya paling putih itu orang banten selatan khususnya sekitar daerah lebak,ciomas,dan pandeglang. Di situ orang sundanya paling orisinil di lihat dr bahasanya sama rata2 orang situ bermata agak sipit beda jika di bandingkan dengan orang banten utara yang mayoritas gelap kulitnya. Kedua yaitu orang parahyangan yang skrg terkenal dengan mojang parahyangan lalu di susul dengan sunda cirebonan lalu yang paling gelap ialah sunda karawang. Mungkin karena iklim yg panas dan gersang serta dekat dengan pantai.

      Delete
    2. wah mantab ilmu nya terima kasih, sya jadi nambah ilmu ttg ini...makasih

      Delete
  5. smua pernyataan yg ditulis di artikel ini, yg terkait dengan kondisi fisik smuanya ngawur dan tidak ada dasar ilmiahnya. sekedar nasehat, mending bandingkan aja dari sisi karakter dan sosio-kulturnya, karena banyak yg bs dipakai utk dasar. kita bs gunakan tinjauan psikologi, antropologi atau sosiologi

    ReplyDelete
  6. Goblog...bngtz". Saya merasa tersinggung mas,,,".
    Jangan asal bicara deh,,, kalo masalah kerjaan... orang sunda jg pd rajin...Pakk,,,/ulet, & itu bertolak belakang dg sifat saya.
    ....Pikir dech,,,kalo emang org sunda itu pemalas,,,mana mungkin bisa MAKAN,,,,
    dengerin,,,BOSSS..cari uang tu susah. mana mungkin berleha- leha.
    ,,,,,,,,,Nih fakta yg gue tahu orang jawa tu Mata DUNIAWI...lupa akherat,,,,,,& satu lagi MUSRYIK,,,,
    pikir aja dech...Lu percaya kawin laki2" sunda sama wanita jawa suatu petaka". Darimana lu tau....? Goblog tuh
    Saya Orang sunda tidak pernah percaya itu,,,,
    maaf yang nentuin Tuhan/ ALLAH SWT...bkn tahayul cerita ngawur.
    Dasar musyrik,,,
    trma ksih...
    By: Orang Padjadjaran... anti Majapahit. huakkkk,,,ludah tu makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane sebagai orang sunda Asli setuju bangets sama pendapat ente gannnnn....

      Bukan hanya orang Sunda aja yang gak suka sama orang jawa, suku lain di indonesia pun sama gan, orang Aceh, Minang, Banjar, kalimantan, Makasar, dll,

      Delete
    2. tapi nyantanya sunda tetep terbelakang, mampus!

      Delete
    3. sudah terbelakang, tidak bisa kemana - mana lagih... mampus

      Delete
    4. kata-katamu membuktikan bahwa kamu bukan orang berilmu, aku keturunan jawa sunda. aku mengerti khasnya 2 suku ini. dua2nya bagus masalah ada pandangan negatifnya karena kalian pake pandangan yg subjektif gk objektif yang netral. tidak semua orang jawa itu musyrik dan tidak semua orang sunda itu alim. alim dan musyrik itu relatif siapapun orangnya klo imannya bagus ya alim klo imannya lemah ya bsa aja musryik. aku padjajaran aku jg majapahit.aku lahir dri keduanya. orang2 diatasku ini hanya orang2 SOTOY yang etnosentrisme terlalu membangga2kan etniknya dan membenci etnik lain. semoga kalian diampuni ALLAH Aamiin

      Delete
    5. Saya kok tersinggung ya,sbg org jawa gk trima klau semua org jawa itu di katain musyrik .kan gk tergantung itu ,setiap org pasti punya kepribadian tersendiri " jd jgn asal ngatain .coba aj deh lihat lingkungannya sendiri " pasti aj jg org sunda yg kyk gitu ,jd jgn irg jawa aj yg dikatain .trs emang ada alesan apa kok org jawa gk disukai org aceh ,minang,kalimantan ,dll gk nyambung .salah apa org jawa sampe di gituin .

      Delete
    6. ngomong taek.lah..
      ganteng ga ganteng cantik ga cantik ya tergantung dari keturunannya..ga mandang suku..ini yang nulis pasti bininya orang sunda

      Delete
  7. Hahaahaaa.. kuasai hawanafsu kalian semua baru berbincang2.. kalau gni malah jadi perang.. perang aja perang sana.. sayamah mau jadi penonton aja.. soalnya di besarkan diantara dua suku tersebut jadi saya bingung mau mihak yg mna.. mending melihat dan mempelajari aja.. :-)

    ReplyDelete
  8. Maaf nh agan2 yang budiman...ane memang setuju dengan artikel ini..karena memang sunda jawa itu berbeda...d mulai dari kulit..memang org sunda itu lbh putih dan cerah d banding jawa..seputih.a cwe keraton ya d sunda bnyk ko yg bukan anak raja tp lebih putih dan cantik dan orang sunda itu lebih kaya dari pada orang jawa...ini sih setelah ane pelajari sejarah.a

    ReplyDelete
  9. sudahlah suku budaya ada bagus ada jelek ngapain di debatin, kak aku minta artikel kongkretnya dong, aku rencana jadiin sumber makalah,ngarepnya si secepatnya thanks ^^

    ReplyDelete
  10. Kekerabatan Sunda-Majapahit
    Disebutkan di kerajaan Sunda saat itu Prabu Darmakusuma memperistri Ratna Wisesa dan berputra beberapa orang, seorang diantaranya Darmasiksa yang selanjutnya beliau akan menggantikan ayahnya dengan nama nobat Prabu Guru Darmasiksa. Beliau mmiliki tiga orang orang istri yang salah satunya adalah puteri dari Swarnabhumi atau Sumatera yang bernama Dewi Suprabha Wijayatunggadewi, keturunan Sanggramawijayattunggawarman, dan berputra Rahiyang Jayagiri atau Rahiyang Jayadarma.

    Rahiyang Jayadarma beristrikan Dewi Naramurtti yang bergelar Dyah Lembu Tal puteri Mahisa Campaka dari Jawa bagian Timur, berputera Sang Nararya Sanggramawijaya atau Rakeyan Wijaya yang juga dikenal Raden Wijaya. Ketika sang suami meninggal, Dyah Lembu Tal memohon ke mertuanya untuk pulang dan kembali ke Tumapel. Disitulah titik awal kejayaan Raden Wijaya. Dimulai dari menjadi Senapati di Kerajaan Singasari di bawah pemerintahan Prabu Kretanegara, lalu dinobatkan menjadi penguasa Singasari-Kediri. Hingga pada tanggal 10 bagian gelap bulan Asuji tahun 1225Saka nama kerajaan diubah menjadi Majapahit atau Wilwatikta.

    Hawya ta sira kedo athawamerep ngalindih Bhumi Sunda mapan wus kinaliliran ring ki sanak ira dlaha yan ngku wus angemasi. Hetunya nagaramu wus agheng jaya santosa wruh ngwang kottaman ri puyut katisayan mwang jayaçatrumu, ngke pinaka mahaprabhu. Ika hana ta daksina sakeng Hyang Tunggal mwang dumadi sarataya.
    Ikang sayogyanya rajya Jawa lawan rajya Sunda paraspark pasarpana atunrunan tangan silih asih pantara ning padudulur. Yatanyan tan pratibandeng nyakrawartti rajya sowangsowang. Yatanyan sidsha hitasukha. Yan rajya Sunda dukhantara, Wilwatikta sakopayanya maweh çarana; mangkana juga rajya Sunda ring Wilwatikta

    Terjemahannya
    Jangan hendaknya anda mengganggu, menyerang, dan merebut Bumi Sunda karena telah diwariskan kepada saudaramu, bila kelak aku telah tiada. Sekali pun negaramu telah menjadi besar dan jaya serta sentosa, aku maklum akan keutamaan, keluarbiasaan, dan keperkasaanmu kelak sebagai raja besar. Ini adalah anugerah dari Yang Maha Esa dan menjadi suratan-Nya.
    Sudah selayaknya Kerajaan Jawa dan Kerajaan Sunda saling membantu, bekerja sama dan saling mengasihi antara anggota keluarga. Karena itu janganlah berselisih dalam memerintah kerajaan masing-masing. Bila demikian akan mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang sempurna. Bila Kerajaan Sunda mendapat kesusahan, Majapahit hendaknya berupaya sungguh-sungguh memberikan bantuan; demikian pula halnya Kerajaan Sunda kepada Majapahit. (Danasasmita, 1983:23)

    Nah, sudah tahu kan kekerabatan antara Jawa dan Sunda, gak ada alasan buat berselisihpaham.

    ReplyDelete
  11. Otoriter,

    Orang jawa ni pasti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngorek - ngorek kesalahan yang lain,

      orang sunda ni pasti

      Delete
  12. Saya orang sunda keturuan jawa, memang benar kalau diamati dengan seksama perbedaannya. Karna saya pernah tinggal ditangerang selama 15 tahun dan dijawa sampai sekarang.
    Tapi bagaimanapun itu juga kembali lagi kepada seseorang yang menanggapinya.

    ReplyDelete
  13. Saya orang sunda keturuan jawa, memang benar kalau diamati dengan seksama perbedaannya. Karna saya pernah tinggal ditangerang selama 15 tahun dan dijawa sampai sekarang.
    Tapi bagaimanapun itu juga kembali lagi kepada seseorang yang menanggapinya.

    ReplyDelete
  14. yang jelas kita adalah 1 Indonesia yang harus kita CINTAI selamanya !!! 1 bahasa' bahasa indonesia, 1 bangsa tanah air indonesia, 1 semboyan BHINEKA TUNGGAL IKA .terima kasih.

    ReplyDelete
  15. Gini, jadi putih atau enggaknya orang indonesia, terutama yg bagian barat, itu ditentukan seberapa sering dia keluar rumah dan terpapar matahari secara langsung.. Sampai sini paham?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya paham bos, tapi klo di sunda pegunungan walaupun keluar rumah ttp putih, karena sinar matahari gak terlalu terik, kalo di surabaya keluar sedikit aja kulit bsa merah krn panas sekali,

      Delete
  16. Saya tidak membenci etnis atau suku manapun karena itu adalah kehendak dari Allah SWT yang menciptakan kita berbeda-beda untuk saling mengenal.

    Tapi saya tidak setuju dengan sistem adik-kakak. Sunda adiknya Jawa, Jawa kakaknya Sunda? Darimana ada sistem itu? Kalau adik-kakak begitu berarti merendahkan. Sunda sebagai adiknya Jawa, berarti orang Sunda harus nurut dan santun pada orang Jawa? Terus orang Indonesia ini adiknya siapa? Belanda? Kakaknya siapa? Malaysia?

    Saya harap kita tidak menggunakan sistem adik-kakak dalam membahas suku bangsa yang ada di dunia.

    ReplyDelete
  17. Mohon maaf ya bro, orang sunda (jabar/banten) ngga mau disamakan dg orang jawa meskipun kami tinggal di p.jawa.
    Budaya/bahasa dan adat kami sangat berbeda dg orang jawa.
    Orang jawa itu dianggap penjajah oleh suku lain, sedangkan kami malah mencintai budaya/adat-istiadat suku lain di indonesia.
    Ditatar sunda ngga ada yg namanya jalan2 gajah mada, hayam wuruk, majapahit dan sejenisnya. Walaupun kami tau gajah mada&pendiri kerajaan majapahit merupakan orang sunda.
    wilayah Pajajaran (kerajaan sunda) adalah kerajaan kecil jika dibandingkan dengan Majapahit, namun fakta nya tidak pernah sekalipun kerajaan ini takluk oleh Majapahit, bahkan dalam peristiwa Bubat sekalipun. Nusantara yang di elu2xkan Majapahit adalah Indonesia minus Jawa Barat sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan rasis haha,kalau mau nguasain jg bisa aja pasukan majapahit kuat dan terkenal hebat kalau nggk karna satu pulau satu keturunan jg udh di libas,trs skrng mau ngarang sejarah lagi haha,dari segi budaya jawa lebih banyak mulai reog,keris,batik,wayang kulit dll,punya candi megah borobudur perambanan dll,jgn smpk ya ir soekarno,gus dur,wr soepratman,hos cokroaminoto,jendral soedirman,pangeran diponegoro di klaim sunda jg ya haha,jawa sunda awalnya sama dari satu keturunan sampai mecah jadi 2 suku,jadi jgn saling menghina

      Delete
    2. jabar cuman jadi pemberat, provinsi lu korupsi dinasti dimana - mana ujung2nya ambil duit nkri (APBN). termasuk provinsi termiskin, rakyatnya miskin birokratnya korupsi, dari dulu sampai sekarang ga ada kemajuan seperti jawa timur. tapi menyalahkan pusat.. kacau orang2 lu ga sehat

      Delete
    3. tai sunda ..gajahmada lahir di daerah bojonegoro lu bilang sunda..raden wijaya keponakan kertanegara raja singasari malamg lu bilang sunda..tai lu

      Delete
  18. asal kamu tau aja'.....
    Malaysia benci indonesia ITU karena JAWA ANJING KEPARATTTTT.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sembarangan klo ngomong loe

      Delete
    2. Gua gak sembarangan JAWIR.......
      Coba aja lo cek situs ini : http://kamiantiindon.blogspot.co.id/2008/02/hidup-melayu.html

      jelas jelas di situs itu di tulis :

      Bagi aku, aku anti INDON adalah aku anti JAWA! Malaysian banyak menujukan perkataan INDON bukan untuk orang Melayu Indonesia. Ia jolokan kepada Jawa.

      INDON=JAWA


      jadi bukan hanya orang orang dari suku di indonesia aja yang benci sama suku jawa, tapi malaysia juga....Parah.....

      orang jawa itu kayak BLANKON....
      Baik di depan tapi buruk di belakang

      salah satu filosofi JAWA:

      1) Meletakkan keris di belakang, lebih mudah menjadikan musuh sebagai teman saat berhadapan, dan membunuhnya saat berbalik arah.
      2) Pengkhianat akan disebut pengkhianat apabila mengkhianati pemimpin, dan akan disebut moderat apabila mengkhianati rakyat.
      3) Kejujuran kepada pembohong disebut loyalitas.
      4) Mengutamakan formalitas daripada kwalitas disebut berbobot.
      5) Politik diartikan sebagai cara memperoleh kekuasaan, bukan mengatur kekuasaan.
      6) Kepentingan berarti peluang untuk mengabaikan.
      7) Menjadikan partai dalam skala banyak akan menjadi strategi berbedak demokrasi untuk mempertahankan kekuatan etnis yang populasinya lebih dominan.

      Maka, selama pemimpin negara ini masih di pegang oleh suku jawa maka sampai kapanpun juga negara ini tidak akan pernah maju......

      gua gak sembarangan kalo ngomong, komentar itu berdasarkan fakta di lapangan....
      ini negara DEMOKRASI semua orang boleh menyampaikan opininya.....

      Delete
    3. Ini lagi apaan mau devide et empira segala itu semua sudah masalalu,sekarang semua sudah menjadi satu kesatuan ,jangan coba adu domba indonesia,semua rakyat indonesia siap pasang badan di bawah pundi2 pancasila dan merah putih jika ada yg mengganggu!bhineka tunggal eka

      Delete
    4. Heh kamu!!! dancok ya ngomong jawa anjing,
      Ngapain coba lo malah percaya pada malaysia yang tak tau keadaan indonesia
      Mereka benci indonesia ini krna kehebatan negara kita tau, apa iya orang jawa pernah ganggu malaysia,

      Coba saja orang mslaysia suruh nebak orang suku jawa dari sekian buuanyaknya suku di indonesia ( pasti tak kan bisa), cuman di telinga mereka suku di indonesia itu rata" ysng mereka tau ya melayu, jawa, minang, dll, pasti kebencian mereka ke indonesia di ambil dari suku terbesarnya, yaitu JAWA, gak mungkin dong sebut melayu atau sunda atau minang, pasti pilihnya ya jawa, INDON ITU JAWA, JAWA ITU INDON, pake logika dehhh..
      Salam : JATIM JATENG & DIY

      Delete
    5. yaaahhh... mau gimana lagi atuh kang Miftahun...
      kalo orang sunda itu bisanya cuma nyerang dina kandang doang, mau disuruh berubah juga kagak bakalan bisa. sabar aja ya kang Miftahun..

      Delete
    6. karena jawa, indonesia bisa masuk G20. urusin provinsi lo jabar yang masih miskin dan birokrat lo yang korup santun. orang jawa udah pada ngejer teknologi (intelengensi) seperti tax amnesty hasil ide jawa, yg menghasilkan angin segar dan percepatan infrastruktur. sampah lu beban iya, bekerja kagak.. sdh era 2017 masih aja kayak pichentrapus, provinsi gagal lu fak, banjir cuman bisa merenung

      Delete
    7. Haduh, naga perak, siapa bilang jabar miskin, hm? Dateng deh kemari dan bandingin sama provinsi jateng atau jatim. Penduduk di sini masih lebih sejahtera dibandingin kedua provinsi itu. Buktinya, 11 juta suku jawa banyak yang pindah kemari sebagai pendatang. Dan kita sama sekali ga terusik sama keberadaan mereka. Jangan lupain juga kota Bandung yang dipimpin sama Pak Ridwan Kamil.

      Kalo mau bicara soal infrastruktur, sekarang Tasikmalaya jadi inceran nomer satu para investor karena kotanya udah berkembang pesat. Bekasi masih jadi kota paling metropolitan setelah Jakarta dalam segi infrastruktur, sementara Bandung udah jadi salah satu kota terbersih di Indonesia. Disusul lagi sama Sukabumi, Cianjur dan Karawang sebagai daerah penghasil beras terbesar di Indonesia.

      Daripada perang antar suku yang ga jelas kayak begini, udah deh mendingan saling menghargai. Ga ada untungnya nerusin dendam lama nenek moyang kita. Zaman udah makin maju, masih mau kejebak sama cerita nenek moyang yang belom tentu bener adanya?

      Delete
    8. Iya blog buatan orang goblok.bisa aja tuh orang mau ngadu domba goblok

      Delete
    9. Lu bilang saling menghargai ,tp kok kayaknya lo mlh yg gk menghargai org jawa ya !

      Delete
  19. fakta di lapangan menjadi bukti nyata bahwa etnis Jawa jelas adalah makhluk hasil peranakan kera. Terdapat 2 jenis manusia bermuka monyet di pulau Jawa tepat daerah jawa timur dan tengah. Pertama Pithecantropus erectus di desa trinil lembah bengawan Solo oleh E.Dobois (1890). Kedua pithecantropus mojokertensis di Mojokerto oleh von koeningswald. Ketiga pithecantropus soloensis ditemukan di dua tempat berbeda oleh von koeningswald dan oppenoorth di ngandong dan sangiran antara tahun 1931-1933. Meganthropus paleojavanicus di Sangiran oleh Von koeningswald (1941). Jelas sudah mengapa perilaku etnis Jawa serakah, suka maen esek-esek, pemalas. penampilan carut-marut, sering mencari onar dikarenakan sikap naluriah mereka sendiri yang merupakan rekontruksi sifat alamiah Kera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati hati Anda kalau menulis apalagi menyebut orang Jawa monyet. Anda pikir anda siapa memang orang yg lihat blog ini cuma saya anda dan yg komentar disini saja apa? jangan ngawur kamu saya tidak pernah bilang org Sunda kera dsb. nulis boleh2 aja tapi kalau sampai kaya gini Anda sudah keterlaluan dan mengandai-andai. Kalau sampai spt itu anda tidak menghargai orang lain namanya

      Delete
    2. "...makhluk hasil peranakan kera"? yang komen ini sabeerna jelema anu boga agama naon sih?

      Delete
    3. kok kamu percaya aja sih sama teori darwin tentang jenis manusia seperti itu? berarti kamu orang kafir dong! pasti kamu bukan orang yang beragama Muslim

      Delete
    4. Oh gitu mas...baru tau saya kalo anda penganut teori darwin yang notabene orang gila. Saya org jawa yang tinggal di bandung karena sedang menjalani ikatan dinas. Selama saya tinggal di sini saya lebih kuraang mengetahui prbedaan qt. Kalo anda beranggapan anda lebih baik dari fisik seperti yang selalu di gembor2kan diluar sana sya rasa it trllu berlbhn. Karena saya di sini dan saya tau. Dsni banyak yg dr segi fisik cantik tapi bktinya yg jelek lebih banyak. Tp saya menganggap it kekurngn dan klbhn saja. Mslah sifat serakah , anda perlu koreksi lagi ya mgkn. Anda pkir hnya org jwa yg serakah? Tidak. Manusia di tempat dimana saya tinggal serakahnya lebih lebig.mereka hidup seperti seolah bsok gak akan prnh mati.alias g tkut dosa. Jd mnrt sya anda jngn sok mnymplkn ssuatu yg tnp bkti. Anda blm prnh sprti sya kan hidup diluar sana dengan orng jawa??? Jd penilaian anda adalah hannya omng kosong sprti tak brpnddikan.qt adalah sama. Sama2 orang indonesia.sama2 masih terjajah oleh devide et empera jaman kolonial.mari qt hilangkan sma2 dengan mmulai dr hal kecil. Krna sya hdup brdmpngn dgn org sunda jg jd saya harus lebih mghrmti mreka sbgai pemilik tmpt dmna sya singgah.demikian sebaliknya.. Nuhun

      Delete
    5. Oh gitu mas...baru tau saya kalo anda penganut teori darwin yang notabene orang gila. Saya org jawa yang tinggal di bandung karena sedang menjalani ikatan dinas. Selama saya tinggal di sini saya lebih kuraang mengetahui prbedaan qt. Kalo anda beranggapan anda lebih baik dari fisik seperti yang selalu di gembor2kan diluar sana sya rasa it trllu berlbhn. Karena saya di sini dan saya tau. Dsni banyak yg dr segi fisik cantik tapi bktinya yg jelek lebih banyak. Tp saya menganggap it kekurngn dan klbhn saja. Mslah sifat serakah , anda perlu koreksi lagi ya mgkn. Anda pkir hnya org jwa yg serakah? Tidak. Manusia di tempat dimana saya tinggal serakahnya lebih lebig.mereka hidup seperti seolah bsok gak akan prnh mati.alias g tkut dosa. Jd mnrt sya anda jngn sok mnymplkn ssuatu yg tnp bkti. Anda blm prnh sprti sya kan hidup diluar sana dengan orng jawa??? Jd penilaian anda adalah hannya omng kosong sprti tak brpnddikan.qt adalah sama. Sama2 orang indonesia.sama2 masih terjajah oleh devide et empera jaman kolonial.mari qt hilangkan sma2 dengan mmulai dr hal kecil. Krna sya hdup brdmpngn dgn org sunda jg jd saya harus lebih mghrmti mreka sbgai pemilik tmpt dmna sya singgah.demikian sebaliknya.. Nuhun

      Delete
    6. Dasar kafir percaya teori darwin.di agamaku semua orang berasal dari nabi adam

      Delete
    7. Bisa nggk nggk ngehina org jawa seenaknya ,emng kita nggk punya harga diri apa situ ngatain sini seenaknya aj .katanya hrs sling menghargai ,itu mah nggk bisa klau di sebut menghargai nyulut emosi iy .
      'Dasar kafir percaya teori darwin.di
      agamaku semua orang berasal dari
      nabi adam '

      Lah trs ngapain situ nyinggung teori klau jawa peranakan kera .saya jg org islam dan saya jg percaya kita beradal dr keturunan adam hawa .klau situ nulis itu cuma buat ngehina org jawa ,kenapa nggk langsng aj .

      Delete
  20. Makin terpuruk saja negara ini dipimpin oleh suku bangsa hasil evolusi turunan kera, dari asal kata saja “wong jowo bodet” mempunyai arti pantat monyet dikampung asal saya. lihat saja tingkah laku mamalia satu ini sering muncul di layar televisi saksikan saja sidang/rapat di gedung perwakilan rakyat, hampir 89% dihuni oleh mamalia gila tak tahu malu ini kerjaan nya mudah ditebak tidur saat sidang sampe ngiler ada juga lagi asyik foto selfie sesama monyet lain, suasana makin seru saat cuap-cuap sambil sesekali mencomot pisang/kacang ke mulut pokoknya gila mampus kayak acara hiburan sirkus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati hati Anda kalau menulis apalagi menyebut orang Jawa monyet. Anda pikir anda siapa memang orang yg lihat blog ini cuma saya anda dan yg komentar disini saja apa? jangan ngawur kamu saya tidak pernah bilang org Sunda kera dsb. nulis boleh2 aja tapi kalau sampai kaya gini Anda sudah keterlaluan dan mengandai-andai. Mana mungkin koment ini saya tanggapin kalau tidak ada tulisan yang kontroversial?

      Delete
  21. Keangkuhan suku Jawa menjadi boomerang bagi mereka sendiri, disebabkan kehancuran si kaum keparat telah didepan mata. Tuhan mendengar Doa saya, azab dan musibah nampak kemalangan rasa ketakutan menjadi-jadi, Tuhan Jungkir Balikkan hati Kaum berandal yang terkunci mata hati nya.

    ReplyDelete
  22. Gue lebih memilih orang MALAYSIA atau CINA daripada JAWA KEPARAT.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin pads dasarnya karena anda iri dengan segala kelebiha. Orang jawa. Sya biasa aja tuh. Lgian mang rugi kalo anda benci dengan kami. Mangnya siapa anda? Membawa perubahan buat negeri ini?? Kagak kan. Jangan sok deh..... Sudah ckup qt di jajah sma org cina sekarang..masih mau memperbodoh diri sendiri.. Ckckckk sekolah sekolah biar pinter....

      Delete
    2. Mungkin pads dasarnya karena anda iri dengan segala kelebiha. Orang jawa. Sya biasa aja tuh. Lgian mang rugi kalo anda benci dengan kami. Mangnya siapa anda? Membawa perubahan buat negeri ini?? Kagak kan. Jangan sok deh..... Sudah ckup qt di jajah sma org cina sekarang..masih mau memperbodoh diri sendiri.. Ckckckk sekolah sekolah biar pinter....

      Delete
    3. Bukan cina tapi lebih-lebih dijajah arab.

      Delete
    4. Bnr itu saya setuju ,memang situ sapa pakek ngehina jawa muluk klau iri ,iri aj ngehinanya nggk usah sampe segitunya .dasar pahlawan kita udah berjuang susah payah buat indonesia merdeka ngapain mau dijajah lg .GAJE emng lu

      Delete
  23. Fakta sejarah menurut NATIONAL GEOGHRAPIC INDONESIA:

    NUSANTARA BUKANLAH WILAYAH MAJAPAHIT


    Alamat web nya:

    http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/10/faktanya-nusantara-bukanlah-wilayah-majapahit

    Untuk seluruh Saudaraku yang ada di seluruh indonesia dari berbagai suku mulai dari Aceh, Padang, Batak, Bugis, Makassar dll, janganlah kalian terprofokasi oleh oknum jawa,
    Nusantara ini bukanlah wilayah Taklukan Majapahit. ini adalah Skandal ilmiah dalam SEJARAH, Mereka ingin menguasai sendiri negara ini dengan berkedok NKRI, dengan alasan Majapahit sebagai pemersatu Bangsa, padahal tidak ada bukti yang menyatakan bahwa Nusantara adalah wilayah taklukan Majapahit...

    Negara ini Bhineka T

    ReplyDelete
    Replies
    1. menganggap orang Jawa itu buruk? sendirinya cuma bisa ngomong "Bhineka T" ucapannya aja gak lengkap, gimana hal yang lain?

      Delete
    2. Percaya aja sama web kafir

      Delete
  24. aku jawa tapi kuning, malah banyak yg bilang kayak chinese

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Benar sekali terutama zaman sekarang juga banyak yg gtu. Saya pun juga gitu. Malah banyak yg nggak percaya klo saya orang jawa malah sering dikira chinese.

      Delete
  25. Aku orang jawa asli tapi mereka banyak y ng mengenali wajahku orang sunda....aku tidak marah...fine aja....aku baca artikel ini...ad .plus minusnya jawa ada plus minusnya sunda...aku fine" aja hanya sebatas melihat opini orang...tidak masuk ke hati...karena artikel ini tidak menjunjung tinggi jawa atau sunda. ...aku rasa tidak ada yang di rugikan....mal h saya kecewa dengan par .pengkomen yang tersinggung dan marah" itu yang membuat tidak enak dibaca..buat yang membuat rtikel ini yang sabar ya.. niatmu baik tapi ada yang memandang buruk jangan diambil hati... semua umat dibumi ciptaan alloh... bila ada komentar negatif itu dia sedang kehilangan iman... doakan saja semoga alloh memberi hidayah ada kita semua... entah aku kamu mereka yang kurang baik dalam berkata.......

    ReplyDelete
  26. Aku orang jawa asli tapi mereka banyak y ng mengenali wajahku orang sunda....aku tidak marah...fine aja....aku baca artikel ini...ad .plus minusnya jawa ada plus minusnya sunda...aku fine" aja hanya sebatas melihat opini orang...tidak masuk ke hati...karena artikel ini tidak menjunjung tinggi jawa atau sunda. ...aku rasa tidak ada yang di rugikan....mal h saya kecewa dengan par .pengkomen yang tersinggung dan marah" itu yang membuat tidak enak dibaca..buat yang membuat rtikel ini yang sabar ya.. niatmu baik tapi ada yang memandang buruk jangan diambil hati... semua umat dibumi ciptaan alloh... bila ada komentar negatif itu dia sedang kehilangan iman... doakan saja semoga alloh memberi hidayah ada kita semua... entah aku kamu mereka yang kurang baik dalam berkata.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. ora percoyo
      ..opo bedane rai sunda karo jawa..

      Delete
  27. Aku orang jawa asli tapi mereka banyak y ng mengenali wajahku orang sunda....aku tidak marah...fine aja....aku baca artikel ini...ad .plus minusnya jawa ada plus minusnya sunda...aku fine" aja hanya sebatas melihat opini orang...tidak masuk ke hati...karena artikel ini tidak menjunjung tinggi jawa atau sunda. ...aku rasa tidak ada yang di rugikan....mal h saya kecewa dengan par .pengkomen yang tersinggung dan marah" itu yang membuat tidak enak dibaca..buat yang membuat rtikel ini yang sabar ya.. niatmu baik tapi ada yang memandang buruk jangan diambil hati... semua umat dibumi ciptaan alloh... bila ada komentar negatif itu dia sedang kehilangan iman... doakan saja semoga alloh memberi hidayah ada kita semua... entah aku kamu mereka yang kurang baik dalam berkata.......

    ReplyDelete
  28. Aku orang suda asli kebanyakan teman temanku orang jawa,, ada plus minusnya sih dibanding suku lain kalau menurut saya orang jawa kurang kompak sesama jawa juga saling menjatohkan demi sebuah kekuasaan/jabatan kan gila,saya sesama orang sunda selalu kompak dan saling membantu walau agak sedikit primordialisme,,orang jawa memang ada hampir diseluruh indonesia bahkan luar negeri tapi lihat dulu ya sej penyebaranya seperti apa (memprihatinkan) orang jawa itu banyak yang sengaja disebar/transmigrasi (jawanisasi) karena konon katanya dijawa sudah tidak ada lagi tempat/lahan untuk makan/bertahan hidup (menurut blog itu juga) kalau orang sunda mereka rata rata tidak mau ditransmigrasikan walaupun jawa barat memiliki penduduk terpadat se indonesi hampir 43 juta jiwa plus banten 11 juta jiwa ,, orang sunda lebih meilih tinggal dibumi parahyangan karena tanahnya yang subur udaranya yang sejuk sumber alam yang melimpah sehingga menjadikan orang sunda berfikiran dinamis dan kreatif dari segi apapun contohnya walikota bandung Ridwan kamil yang sangat cinta dengan kota kelahiranya bandung sehingga membuat kota ini memjadi maju pesat dari segala bidang pembangunannya dan happiness index,,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, sesama orang jawa malah bsa jadi musuh

      Delete
    2. dari pada sesama orang sunda... kagak bisa baik sama suku lain, termasuk kalo sama suku papua sekalipun

      Delete
    3. sy org sunda nd sy skrg di papua, tp akur2 saja tuhh sma org asli papua.. klo ngomong sesuai fakta..

      Delete
  29. Saya orang Sunda sangat cinta bumi kami... / kami selalu menundukan kepala kepada orang yg lebih tua dari kami. Kami menghargai setiap orang pendatang atau tamu dengan menjamu.
    Dan kami selalu berusaha menata negri kami.
    Kami mengenal sejarah asal usul kami, bahasa kami dan budaya kami.

    ReplyDelete
  30. Ada sedikit cerita tentang saya yang jatuh cinta pada wanita jawa". Berisinial (Y).
    " Bismillahirrohmanirrohim....."
    Berawal dari Facebook saya kenalan dg wanita brnama Y", orang Magelang Yogyakarta.
    Lewat inbokan akhirnya pertemuan pun terjadi " Ya sudah di takdirkan kali".
    Hari demi hari, pendekatanku akhirnya menuaikan hasil...., Dia Y akhirnya jatuh cinta kepada saya.
    "Kami berdua memulai menjalin asmara dengan penuh kasih sayang". Kami selalu berusaha menjaga perasaan dan kepercayaan". Kami menjalin hubungan 4 bulan dengan romantis tak ada masalah sedikitpun.
    "Melangkah serius ke jenjang pernikahan pun mulai di bicarakan." tetapi belum sempat berbicara ke keluarga masing2. "Memang... Saya secara dewasa berniat membicarakannya kepada kakak ipar nya" yg kebetualn orang jawa juga. Bertekad baik kenapa harus takut ko" ujar saya dlm benak saya.
    Toh kita saling mencintai".
    "Saat saya berkunjung kerumah nya kebetulan Y lg gk ada di rumah, hanya Kakak nya yang ada.
    Saya pun memberanikan diri untuk berbicara dengan Kakaknya... Untuk rencana saya melamar dia.
    Tetapi selang beberapa menit, Y pun datang dari luar dan obrolan pun terhenti. Kakak nya kembali ke kamarnya."
    "Seminggu kemudian saya biasa berkunjung ke rumah nya". Disini masalah pun dimulai.
    Ketika saya tatap dia menangis sambil memeluk saya. " kenapa / ada apa...?
    Y pun menjawab : orang tua nya tidak merestui kita".
    Saya yang merasa bersedih,,,, dan kecewa berusaha meredam kesedihan yang saya alami.
    Hari demi hari,,, berharap ada perubahan dalam benaku bahwa keluarga dan ortu nya bisa menerima saya. Tetapi ternyata keberuntungan tidak berpihak. Sebaliknya.
    Kita yg saling mencintai pun harus berbalik arah dengan saling membenci.
    Y bilang dari orang tuanya bahwa "orang sunda rendah, dia hanya lah seorang pekerja buat apa?
    Sahut diriku terperanjat ... Mendengar hal itu"
    Semua keluarga nya berubah 180 derajat. Sikap nya terhadapku. Ya mungkin keluarga nya tidak terima saya dengan cara mengadu dombakan hubungan saya dengan Y.
    Serangan bertubi- tubi dilontarkan oleh keluarga Y dg menghina saya bahkan membawa bawa nama Ras Sunda adalah orang pecundang.
    Orang Sunda adalah orang yg tidak ada kemauan, bodoh, dan miskin. Begitulah kata orang jawa.
    "22 Juli 2014 hubungan saya pun berakhir". Kita yg saling mencintai terpaksa harus di akhiri.

    " Y adalah orang jawa sebagaimana keluarga nya"/ Dia dan 3 kakak nya merantau satu persatu ke Bandung untuk bekerja dan sukses jd pengusaha farmasi di Bandung dengan berbisnis.
    Tetepi ke - 3 kakaknya tidak menyadari bahwa waktu jadi orang kecil dan perihatin jd pekerja dibawa oleh kakak iparnya Orang Sunda. Ya kakak sulung nya nikah dg orang Garut (sunda). " Dia membawa adik" nya dari jawa utk kerja di Bandung. Tetapi malah dibalas dengan penghinaan setelah adiknya pada sukses.

    "Cerita ini fakta yang saya alami.. di thn 2014.
    Bahwa orang jawa tinggal di Bandung tidak menghormati jasa dan tidak sadar dirinya telah menghina - hina Ras Sunda sedangkan dirinya menjejakan dirinya di tanah Sunda.

    ReplyDelete
  31. kok RASIS yo...!!! Aku wong jowo, kowe arep nyapo. hah

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Ternyata yg komen diataa adlh örang" sunda yg iri dg keistimewaan orang jawa, udah terbukti presiden dri jaman dahulu itu orang jawa broo!! N krajaan majapahit sngt trkenal dri dulu, n siapa blang orang jawa mirip yahudi (ngawur pean) lihat banyak golongan dan peninggalan islam (fakta) wali songo. Yang jelas orang jawa itu suku terbaik indonesia dan banyak yg berada di penjuru wilayah indonesia,saya bangga jadi bagian orang jawa #javanese is the best
    Salam dr sy org CILACAP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp tidak prnah mengalahkan kerajaan sunda. Lihat sejarah bro.. Wktu perang Bubat. Apa bangga dg ke angkuhan lho...?
      Sbenar nya kami tdk suka dg presiden Dari Jawa. Kecuali Suekarno yg jd tokoh disegani. "Toh waktu pemilihan Presiden saya Golput semua." cz gk suka. "Tp Alhmdulillah... Zaman skrg mulai berdatangan wajah calon pemimpin dari RAS lain... termasuk Tionghoa.

      Delete
    2. Pas perang babat. Kerajaan sunda kalah telak bro semua pasukan kerajaan sunda dibantai.kurang kuat apalagi?
      Sampai kapanpun cina gak bakalan pernah jadi presiden

      Delete
    3. Benar sekali saat ini sudah era globalisasi sdh nggak zaman lagi mengkotakkan ras, suku, apalagi agama (namun ironisnya msh banyak yg begitu yg menghambat kemajuan negeri ini). Tanpa memandang identitas suku, ras, agama saat semua sdh saling bersaing, dan semua pun saling berkesempatan termasuk berkesempatan menjadi orang yg menduduki jajaran2 penting di negeri ini.

      Delete
  34. Ternyata yg komen diataa adlh örang" sunda yg iri dg keistimewaan orang jawa, udah terbukti presiden dri jaman dahulu itu orang jawa broo!! N krajaan majapahit sngt trkenal dri dulu, n siapa blang orang jawa mirip yahudi (ngawur pean) lihat banyak golongan dan peninggalan islam (fakta) wali songo. Yang jelas orang jawa itu suku terbaik indonesia dan banyak yg berada di penjuru wilayah indonesia,saya bangga jadi bagian orang jawa #javanese is the best
    Salam dr sy org CILACAP

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  35. BANTU PROSES KARTU KREDIT BANK BNI SYARIAH
    BNI Syariah Hasanah Card Classic credit card
    BNI Syariah Hasanah Card Classic
    Mencari kartu kredit yang menggunakan prinsip syariah? BNI Syariah Hasanah Card Classic jawabannya yang menggunakan Akad Kafalah, Qardh, dan Ijarah.
    INFO pin 582F4A2E TLP/SMS/WA DI 085600125176/FB CHAIRUL ICHSAN BUANA atau di duniabuana@rocketmail.com. alamat email di rooly88@gmail.com, melayani nasabah di seluruh nusantara
    BP CHAIRUL SARTO UTOMO untuk
    KANTOR BASECAMP DIVISI MARKETING DI
    JL PANDA BARAT V NO 7
    Berikut Alamat dan Nomor Telepon Bank BNI Syariah Kantor Cabang Semarang.
    Alamat: Jl Ahmad Yani No. 152, Semarang 50242.
    Nomor Telepon: (024) 831 3247 831 5027
    Nomor Faks: (024) 831 3217
    karyawan lampirkan syarat fc ktp slip gaji min 3 juta npwp wajib, wiraswasta lampirkan fc ktp,npwp,siup dan tdp untuk wiraswasta wajib ada no fixline ( telp kabel ) di tempat usahanya
    proses berkas dikirim via emai/wa/line/bbm dan 100% aman bisa hub no bni syariah ahmad yani untuk menanyakan nama saya ,atau
    BNI Syariah Call Center 500046 atau 68888 melalui ponsel.
    proses kurang lebih 14 hari kerja, TERIMA KASIH

    ReplyDelete
  36. Begitu- lah Rasis nya org Jawa". Lihatlah komen di atas. Merasa dirinya suku pling terbaik di Indonesia. "Saya rasa tdk perlu berlebihan.
    Mau Sunda, jawa, dll sllu ada kkurangan kelebihan.
    " harus nya anda Rendah hati. Baru saya hargai komen anda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tandanya keirian kamu trhadap suku jawa, la wong, hanya bilang (suku terbaik) kok di bilang rasis,,,

      Intropeksi diri aje dulu, kamu aje gak trima kalo jawa suku terbaik,
      Kek gitu kok suruh" orang rendah hati, apakah anda sudah rendah hati, INTROPEKSI SEK MAS BROO!!!!

      Delete
    2. @andri gak sadar lu? Diatas lu komen2 kalo jawa tu gak baik.
      Sekarang siapa yang rasis SU!

      Delete
    3. Semua tergantung pada individunya.

      Delete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. Ane jadi isin ada bahasa kasar yang urang sunda yang comment disini..,abdi urang sunda bogor nyuhun keun sing di hampura ka sadayana nu didieu ngariung..,tarutami ka urang jawa nyuhun keun dihampura pisan

    ReplyDelete
  39. Ane jadi isin ada bahasa kasar yang urang sunda yang comment disini..,abdi urang sunda bogor nyuhun keun sing di hampura ka sadayana nu didieu ngariung..,tarutami ka urang jawa nyuhun keun dihampura pisan

    ReplyDelete
  40. Ane jadi isin ada bahasa kasar yang urang sunda yang comment disini..,abdi urang sunda bogor nyuhun keun sing di hampura ka sadayana nu didieu ngariung..,tarutami ka urang jawa nyuhun keun dihampura pisan

    ReplyDelete
  41. Muhammadimamudin : Muhun... Kang punteun nya? Abdi pedah kitu karaos nyalira. Abdi kantos di olok2, dihina,ku org jawa pedah pcaran jeung org jawa. Pdhal ulah kitu nya. Aplgi nyangkut Ras2 Sunda. Punteu nya... Da abdi nyarios pedah aya asap.../ gk ada api , gk ada asap. Betul nya? Abdi lebih ngahormat ka Baraya org Sunda.

    ReplyDelete
  42. Muhammadimamudin : Muhun... Kang punteun nya? Abdi pedah kitu karaos nyalira. Abdi kantos di olok2, dihina,ku org jawa pedah pcaran jeung org jawa. Pdhal ulah kitu nya. Aplgi nyangkut Ras2 Sunda. Punteu nya... Da abdi nyarios pedah aya asap.../ gk ada api , gk ada asap. Betul nya? Abdi lebih ngahormat ka Baraya org Sunda.

    ReplyDelete
  43. Ini kok pada berantem yah
    Saya orang jawa
    Emg ts nulis berdasar opini pribadi
    Emg ada yg bner ada yg salah

    ReplyDelete
  44. Saya orang jawa cwe ane org sunda dr cirebon kuningan . Saya kerja di bekasi .punya bnyak tmn jg dr org sunda mulai dr cimahi d skitar y plat Z , smpai yg dr banten plat A . Aku juga prtmanya ngk d restuin ttp bisa yakinin org tua
    Aku jg pernah punya tmn org sunda dr bandung pas waktu sekolah. Dia pindah waktu kelas 2sma ke jawa . Dia pikir org jawa itu sama tp nyata y beda. Mlah dia nerusin kuliah nya d jawa karena orang y asik "

    ReplyDelete
  45. Kalau menurut opini aku yg punya cwe sunda (udh seriusan gan)dan punya tmen org sunda bahkan jg sering main k latar sunda (bogor.bandung .kuningan.tasik .cimahi )
    Perbedaannya sbb:
    1. Orang sunda ngomong y alus secara org sunda punya tingkatan bahasa tp aku ttp anggep bahasa kasar y dia ttp alus. Kalau jawa punya tingkatan bahasa ttp low di jawa ngomong bahsa alus cuma buat org yg blm kenal dan kepada yg lebih tua dr kita. Ttp klau sma tmn bahasa y kasar sbg pengikat . Jd mnurut ane lbih asyikan org jawa dr pd sunda. Ini mnurut tmn aku jg yg orang sunda .dia jg ngakuin ith .karena dr bahasa udah beda" . Kata org barat . Jawa ith luas karena bahasanya.
    2.emg org sunda ith putih karena geografis y
    Di sth dingin (rata"pegunungan)
    Tp bnyak juga ko org jawa ith putih
    Semua tergantung perawatan
    3. Soal kekuasaan aku pernah denger dr warkop d sunda d stuh jg ada pjabat sunda jg low org sunda ith ngk mungkin jd penguasa RI krena org sunda low udh kaya lupa sma skitar y bahkan saudaranya sndiri kalau org jawa ith guyup rukun "makan ngk makan yg penting kumpul"
    Contoh y mui ,muhammaddiyah lahir d jawa


    Aslinya sma ajh tergantung sma org y ....
    Salam jancuk dr cah ponorogo

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak Santty yang cantik:saya tidak bisa menyangkal opini seseorang, tetapi:
      1. kalo orang sunda ngomongnya halus kenapa masih banyak yang melecehkan saya (padahal saya baru pindahan dari pontianak)?.
      2. orang sunda di wilayah pegunungan kulitnya kebanyakan putih memangnya bukan hasil perawatan?
      3. istilah "makan gak makan yang penting kumpul" itu bukannya istilah orang sunda? kebanyakan tetangga saya begitu semua loh. tapi kalo masalah mau apa gaknya jadi pejabat jujur saya kurang tau.


      Aslinya sma ajh tergantung sma karakter masyarakatnya
      Salam Wong Sundel

      Delete
    2. Makan gak makan yang penting ngumpul itu istillah orang jawa kawan.
      Jangan kayak malaysia ya suka mengklaim

      Delete
  46. "Santy : " yg saya ceritakan berdasarkan fakta pengalaman pribadi & bukan karang mengarang. Walaupun anda beda opini. Saya tetep dengan pendapat pengalaman berdasarkan peribadi. Buat anda yg tinggal di Negri Sunda bisa hargai org2 kami. " apalagi anda seorang yg berpendidikan.
    Balikin saja "Jika saya tinggal di Jawa klo sbg org pendatang & tdk menghargai org sekitar apa pendapat anda" sama to pasti dg saya.
    Mesti Sopan & menghargai. Jgn mengolok- olok apalgi membawa ras2 Suku
    ======================================================================
    "Buat anda knpa mesti jauh2 datang k Negri kami. ? Bukannya para pemimpin terlahir di sana? & jadikan sbg ibukota- Mu. yg sejahtera?

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. Dari sekian banyak yg komen, kebanyakan orang sunda yang jelek"in orang jawa, tp ga ada orang jawa jelek'in orang sunda tuh, Ada pula yg bilang jawa keturunan kera,

    Suku jawa buanyak melahirkan pahlawan hebat tau.. (sokarno, sudirman, diponegoro, gatot subroto, kartini, ahmad yani, s parman, mt haryono, urip sumoharjo, adi sumarmo, adi sucipto, yos sudarso) dan masih buanyak lagu mas broww, jadi jangan rasis dehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sangat setuju dengan pendapat anda, memang benar jika hal yang anda maksudkan di atas kerap terjadi di manapun. jadi saran saya lebih baik menerima apa adanya daripada berselisih pendapat

      Delete
  49. Saya cuma nyimak. Jumlah penduduk indonesia 250 juta. orang jawa di indonesia jumlahnya 120 juta jiwa lebih tersebar di 34 profinsi. Belum lg orang jawa yg di luar negri. saya harap komentar yg sopan. jgn berkata kasar dn menghina orang jawa. Banyak yg tersinggung. termasuk saya

    ReplyDelete
  50. itu sih tegantung orangnya juga. saya berrlibur ke wilayah pasundan ketika saya sengaja menghilangkan diri tetapi setelah asya kembali ternyata orang - orang disana bersorak gembira atas ketiadaan saya, tetapi dikala saya pergi ke wilajah Majapahit saya sengajakan lagi ternyata orang sekampung (orang Jawa)khawatir akan saya

    ReplyDelete
  51. RAUSAH RASIS AGAN2

    ReplyDelete
  52. Artikel di atas emang kebanyakan bener, dan menurut saya orang jawa itu suka rusuh dan angkuh dalam dunia kerja, dan pokonya ga enak banget berteman sama orang jawa ga santai, orang sunda itu pada ramah dan santai, orang sunda itu lebih bisa di terima oleh orang pribumi saat merantau, klo orang jawa sebaliknya lihat aja contohnya cikarang,bekasi,karawang orang pribuminya ga Rezpect sama orang jawa...bahkan skrg menjelang lebaran orang" pribumi di daerah tersebut banyak yg bikin MEME Spanduk dengan tulisan " Selamat Mudik Orang jawa, selamat tinggal jangan balik balik pagi "
    Dan emng temen" saya pun orang jawa semua pada nyebelin angkuh dan sombong, saya orang Sunda merantau di cikarang setiap saya mau pulang kampung temen saya orang jawa selalu bilang " ngapain pulang kampung "
    Kan nyebelin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang jawa angkuh? Lu gak liat jokowi ? Soeharto? jendral Soedirman ? Dll. Mereka semua sederhana gak sombong
      Orang kalo pulang kampung ya wajar rindu dengan keluarganya

      Delete
    2. saya orang Sunda merantau di cikarang setiap saya mau pulang kampung temen saya orang jawa selalu bilang " ngapain pulang kampung "
      Kan nyebelin
      Tolol. Candaan masukin ke hati. Klo gw ngomong ma lo. Balik sono. Kga usah balik lg

      Delete
  53. Yg bikin ga suka sama orang jawa itu sombong bgt, kalo ngomong itu selalu " Ya iya lah "
    Terua kadan ngomongnya kaya gini " di atas lemari itu loh "
    mau lebaran nih
    SELAMAT MUDIK ORANG JAWA, SELAMAT TINGGAL JANGAN BALIK BALIK LAGI...

    ReplyDelete
  54. Yg bikin ga suka sama orang jawa itu sombong bgt, kalo ngomong itu selalu " Ya iya lah "
    Terua kadan ngomongnya kaya gini " di atas lemari itu loh "
    mau lebaran nih
    SELAMAT MUDIK ORANG JAWA, SELAMAT TINGGAL JANGAN BALIK BALIK LAGI...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sombong apanya?
      Iri bilang aja

      Delete
    2. Jgn lngsng nyimpulin klo org jawa itu sombong ,stiap org punya pribadi sendiri"yg ngebedain kita dgn org lain gk suka boleh aj sama org itu ,tp jgn lngsng nganggep klau semua org jawa itu sombong .dimanapun temptnya pasti ada jg org dgn tabiat itu .ato mungkin aj situ yg terlalu dimasukin hati omonganya .

      Delete
  55. Sunda mirip Monyet..jawa kayak celeng...hidup afrika

    ReplyDelete
  56. geh nek komen pada mikir tulung lah , ora usah ngelek - elekna wong jawa..
    kie nyong jawa asli BANYUMASAN..
    ora seneng keributan , tapi nek suku ne nyong dielek-elekna ya ora trima!
    dadi sepisan maning tulung gole komen aja asal ndeplak lah, depikir mandan karo utek!!
    mumet ra koe!!

    ReplyDelete
  57. ORANG YANG PALING HEBAT ADALAH ORANG YANG BISA MELAWAN HAWA NAFSUNYA, jadi yaa kita berargumen dengan sewajarnya aja yah tanpa harus merendahkan harkat martabat siapapun, salam cinta damai untuk semua !

    ReplyDelete
  58. Mau dari suku apa saja tu sama, mereka punya kepribadian,kekurangan,kelebihan, dan suku2 di indonesia ini punya peran masing masing,jangan bangga atas kelebihan anda jangan bahagia atas kekurangan orang lain, di balik kekurangan jg pasti ada kelebihan yg tidak anda-anda miliki, intinya jangan ngawur, emosi, ngotot,merasa paling bagus, cuma artikel aja di ributin....
    .

    ReplyDelete
  59. Berhentilah mencari perbedaan, pembuat artikel blm tentu bisa di akui kebenaranya, mereka jga manusia bukan tuhan,maka janganlah ini di jadikan pedoman apalagi tertanam di hati dan fikiran kita, bersatulah INDONESIA KU.....

    ReplyDelete
  60. Yang jelas, orang Sunda ga akan rela disebut orang Jawa. Karena apa?

    1. Beda asal-usul.
    Orang Jawa itu pendatang dari India, dari Tamil. Sementara Orang Sunda itu penduduk asli disini. Indonesia/Nusantara aja dulunya disebut "Isle de Sonde" (Kepulauan Sunda) sama para penjelajah Portugis, penjelajah Eropa pertama yang datang ke Indonesia. Sekarang pun masih sama, pulau2 di bagian barat Indonesia disebutnya kepulauan Sunda Besar. Sebelah timur disebut kepulauan Sunda Kecil, kecuali Papua. Bukti lainnya bahwa orang Sunda itu penduduk asli ya situs-situs purbakala yang ada di Jawa Barat dan Banten itu berlimpah. Usianya jutaan tahun. Contohnya ya situs Gunung Padang. Mahakarya manusia-manusia pra sejarah yang telah lama mendiami tempat ini. Selain itu masih banyak lagi, di Bogor aja ada 3 situs purbakala yang usianya jutaan tahun. Di Garut, di Bandung, dsb nya. Kalau di daerah Jawa sana? Pithechantropus Mojokertensis? Manusia setengah kera? Masih percaya sama teori Evolusi? Padahal di kitab suci sudah dijelaskan bahwa manusia ya manusia. Diciptakan dari awal dalam bentuk manusia.

    2. Beda dari segi keilmuan.
    Disini gua mau klarifikasi kata-kata penulis yang nyebut orang Jawa itu ilmunya lebih tinggi dari orang Sunda.
    FAKTANYA: Orang Sunda dan Jawa punya dasar keilmuan masing-masing, tapi kalau orang Jawa kebanyakan dasar keilmuannya adalah akulturasi dari budaya lain dari peradaban lain. Contoh simpelnya dari segi perhitungan waktu (kalender). Orang Sunda dan orang Jawa punya kalender masing-masing. Kalender Sunda itu kalender kosmos, campuran kalender bulan, matahari, dan bintang. Dihitung berdasarkan rotasi bumi terhadap matahari, rotasi bulan terhadap bumi, dan posisi bintang-bintang di langit. Akurasinya tinggi. Bahkan di Malaysia, masyarakat negeri Kelantan mengakui sistem kalender Sunda sebagai kalender yang akurat. Bahkan mereka turut merayakan tahun baru Sunda setiap bulan November. http://www.antaranews.com/berita/282635/kalender-sunda-diakui-oleh-kerajaan-malaysia
    Kalau kalender Jawa? Kalender Pasaran?
    Dari segi tata bahasa dan huruf (alfabet). Orang Sunda dan orang Jawa punya alfabet masing-masing. Dan sistem perhitungan masing-masing. Kalau sistem tata bahasa Jawa itu rata-rata sama kaya tata bahasa India, tapi kalau tata bahasa Sunda banyak bedanya. Kalau liat huruf2 di alfabet Jawa yang ada sekarang ini semuanya mulai dari bentuk, pelafalan, diftong sampe tanda baca sama dengan hurup Pallawa dan huruf Thai. Tapi kalau huruf2 di alfabet Sunda, dari bentuk pelafalan, sistem tanda baca, dsb nya ga ada mirip2nya sama huruf Pallawa. Silakan pelajari sendiri.
    Berikutnya dari segi ilmu Agama. Dari dulu, nenek moyang orang Sunda itu cuma percaya terhadap satu Tuhan (Monoteis). Mereka menganut agama Sunda, Tuhannya disebut Sanghyang Manon atau Sanghyang Kersa. Artinya sama, YANG MAHA ESA. Makanya ketika Islam masuk ke tanah Pasundan, semua bisa diterima dengan baik tanpa konflik, tanpa repot2 kudu men-Sunda-kan Islam. Kenapa? Karena konsep hidup yang diajarkan dalam agama Islam itu sama dengan konsep hidup agama Sunda. Dan orang Sunda menganggap Islam sebagai penyempurnaan.
    Kalau agama aslinya orang Jawa? Yang saya tahu sih Hindu atau Buddha, sama Kejawen yang campuran Hindu & Islam. Orang Jawa ketika diajari Islam pertama kali ngapain? Banyak penolakan, penghinaan, dsbn ya. Bahkan supaya Islam bisa diterima, para Wali harus men-Jawa-kan Islamnya dulu! Akibatnya, jadilah Islam yang kejawa-jawaan.

    Jadi buat sang author yang asbun mengatakan bahwa orang Sunda itu ilmunya lebih rendah dari orang Jawa. Belajar lagi!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.Pendatang? Gak ada orang jawa yang mirip sama orang india bro. Jangan mengada ngada kawan
      2.ilmu jawa kebanyakkan ilmu akhirat.banyak kyai2 orang jawa bro

      Delete
    2. Iya bener, pustaka situ dari mana bro. Ngarang aja nie.

      Delete
    3. Kita semua di bumi pendatang

      Delete
  61. Nurmayanti : bknya sebaliknya?? Karena saya jg mengalami dan dr temen saya yang asli sunda sendiri yg bilang klo dia sama sekali tdk mau brtmn dngn org sunda krna tabiat mereka yang selalu munafik.ini asli crta tmn saya loh ya yg orang sunda. Saya aja kaget dia bs blng gt. Kalo pnglmn sya jga kebnykn sma sih. Jd kmbli lg ke prbdi kali mb.mgkn tmn mbaknya yg org jwa mang sftnya bgtu.

    ReplyDelete
  62. Nurmayanti : bknya sebaliknya?? Karena saya jg mengalami dan dr temen saya yang asli sunda sendiri yg bilang klo dia sama sekali tdk mau brtmn dngn org sunda krna tabiat mereka yang selalu munafik.ini asli crta tmn saya loh ya yg orang sunda. Saya aja kaget dia bs blng gt. Kalo pnglmn sya jga kebnykn sma sih. Jd kmbli lg ke prbdi kali mb.mgkn tmn mbaknya yg org jwa mang sftnya bgtu.

    ReplyDelete
  63. haaahhh..... (menghela nafas) cape' ngomong sama orang BEGO yg gak mau menerima keadaan, yg ada malah membangga - banggakan diri. agan / sista yg Orang Jawa sabar aja ya... semoga semuanya berakhir dengan indah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawaban gak bermutu...
      Aku ini jauh - jauh pindahan, udah diolok - olok duluan, bukannya kasih solusi malah bertanya kenapa aku pindah dari tempat yg jauh!!! Gak bisa kasih gagasan yg menarik, apa?

      Delete
    2. BTW! agan / sista sekalian bisa lihat komentar sebelumnya... kenapa aku bisa ngomong begini...T^T

      Delete
    3. #CumaNanyaDoang
      dari obrolan saya ke @Syantty Frozen

      Delete
    4. Iya santai aja. Toh mereka semua kasi komen nggak ada dasar yg logis dan nggak sesuai fakta.

      Delete
  64. Harus dewasa dulu baru bisa ngerti.hahaha

    ReplyDelete
  65. gk usah saling hina kalian hanya kepancing emosi, yg salah itu si penulis... secara psikologi orang tak akan mau di banding2kan apa lagi di anggap tidak lebih baik, masalah orang yg menghina suku tertentu itu masalah individual jgn di kaitkakan dgn suku, ras atau agama cobalah berpikir dewasa, saya rasa sebnarnya banyak yang mengerti, tapi kurang bersikap dewasa jadi mudah terpancing emosi.

    ReplyDelete
  66. gk usah saling hina kalian hanya kepancing emosi, yg salah itu si penulis... secara psikologi orang tak akan mau di banding2kan apa lagi di anggap tidak lebih baik, masalah orang yg menghina suku tertentu itu masalah individual jgn di kaitkakan dgn suku, ras atau agama cobalah berpikir dewasa, saya rasa sebnarnya banyak yang mengerti, tapi kurang bersikap dewasa jadi mudah terpancing emosi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya (si pendatang yg komen di atas) sangat setuju dengan pendapat anda.
      Orang lain mikirin gimana caranya bisa akur dengan suku lain, ini malah sibuk ngejelek - jelekin Suku Jawa!

      Delete
  67. Kalo cewek sunda iya cantik2 tapi cowok nya jelek2
    Jawa kebalikkanya

    ReplyDelete
  68. Bukannya sebaliknya?

    ReplyDelete
  69. Kenapa orang sunda gak bisa jadi presiden? Karna kalo udah kaya gak inget orang bahkan sodara

    ReplyDelete
  70. Yang buat post ini bangsat.tukang provokasi

    ReplyDelete
  71. Jangan percaya mitos Perang Bubat..... Orang Sunda dan Jawa Boleh nikah asalkan Satu Yaitu Beragama Islam......
    Ya Karena Hampir 99,07% Ethnic Sunda itu Menganut Agama Islam Sisanya 0,2 % Sunda Wiwitan ,0,1 % Kristen.........
    .....
    Saatnya Sunda Untuk Maju......... Tidak Masalah Presidennya Dari Orang Jawa Terus,Asalkan Sunda Lebih Maju Itu Lebih baik.Lagian Kita Juga Tidak Tertarik Dengan Jabatan Presiden-WAkil Presiden......

    ReplyDelete
  72. Hufr.. Berat ya kalo udah ngomongin masalah suku. Aku gak diterima sama calon mertua aku karena aku orang kuningan jawa barat. karena yang mereka denger orang kuningan itu beginilah begitulah, ini lah itulah. cuman gara-gara itu doang. hmm... suku. kenapa si ada perbedaan suku. kenapa dibeda-bedain?!!!!kan cape hati.Gara-gara 1 kekurangan suatu suku masa kena semuanya. masa di judge semua suku sunda yang dari Kuningan kaya gitu sifatnya. kan enggak. maap curhat.

    ReplyDelete
  73. Hapus aja ini blog, bikin gaduh saja

    ReplyDelete
  74. Meskipun Saya suku Jawa tapi tetap Saja saya adalah bangsa Indonesia, jika Indonesia tanpa Jawa, itu bukan Indonesia begitupun jika Indonesia tanpa Sunda maka juga bukan Indonesia. jadi Jawa dan Sunda adalah sama INDONESIA.

    ReplyDelete
  75. Hei kalian . . . . Dunia menertawakan kalian yg saling ngotot. Makanya pada openmind. Piknik . . Ketemu banyak orang bnyak karakter. Elu pada baru disuguhi artikel murah udah pada marah. Wes podo geger. . .jan jan . . . Saya jawa saya mencintai teman2 sunda, minang, batak dsb . . . Karna karakter orng ga ditentuin dari suku. Kebetulan saja anda2 diwaktu yg sama menemui oknum suku berlatar blakng beda sama sampean2. Padahl semua sama saja . .
    Sifat alamiah manusia itu sama. Tidak ngaca diri, serakah , itu dimiliki semua manusia bukan 1 atau beberapa suku saja. Mari buka pikiran bergaulah yg jauh sama banyak orang

    ReplyDelete
  76. Terbukti kota kami lebih maju.
    Sundanese... Pola pikir lebih cerdas.
    Tidak rakus kekuasaan.
    Biarlah kota kami Dulu Sunda Kelapa ( Jakarta ) di pimpin oleh orang pendatang. Suatu saat nanti ada waktunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan? Ngimpi kali .... presiden aja dari jawa terus.

      Delete
    2. Kapan? Ngimpi kali .... presiden aja dari jawa terus.

      Delete
    3. Tak semudah membalik kan telapak tangan boss

      Delete
  77. ga usah rasis deh , buktinya sunda jawa bisa campur contoh konkritnya di daerah cirebon - indramayu

    ReplyDelete
  78. Saya keturunan Jawa dan Sunda. Saya tidak mau menjatuhkan salah satu daru suku dimana kedua suku ada dalam darah saya yang mengalir. Manusia itu sama di sisi Tuhan. Hanya taqwa yang membedakannya. Salam dari Kabupaten Serang - Banten.

    ReplyDelete
  79. Fakta...
    Bahwa Jawa itu ambisius kepada jabatan tak sadar diri akan kekurang mampuannya Tetapi selalu memaksakan diri tuk jadi yg No.1..
    Indonesia sdh 72 th MERDEKA Tetap tidak maju maju juga...
    Yang ambisius, rakus jabatan Jawa dan dengki iri Jawa Jawa juga Saling menjatuhkan sesama...

    Sepertinya Indonesia ini yg pantas berkuasa , mengatur negeri ini menjadi lebih Baik hanya orang Jawa..? Faktanya dari yg buta - yg krempeng cuman jadi masalah dn tax amnesty yg tuk Pengusaha aseng Koq di banggain?
    Ditambah yg bertahun tahun berkuasa saat ini dijadikan polemik negerinya (Indonesia)Padahal sejak dipimpin laju perkembangan ekonomi dalam negeri belum merata bahkan saat ini menjadi negara jongos asing aseng..

    Sudahlah.. Taw diri saja..

    Indonesia itu dari sabang - merauke banyak tokoh hebat diluar Jawa!

    Haaaa... Haaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahan...
      Bukalah sejarah Yang inginkan Malaysia dahulu itu adalah Partai Komunis Indonesia Dimasa Orde Lama

      Delete
  80. Tambahan...
    Fakta Jawa itu ambisius pd jabatan/kekuasaan
    Salah satu Contohnya adalah SBY Kepada anaknya yg ngotot memaksakan sang anak AHY Yang NERIMO SAJA Rela meninggalkan karir militer Demi ambisi suatu kekuasaan politik yg konon akan digadang sebagai sosok pemimpin masa depan??? ��

    ReplyDelete
  81. Tambahan...
    Saran kami, masyarakat Jawa itu harus bisa menerima suku lain tuk memimpin Negara Indonesia tercinta ini demi Indonesia yg lebih baik Bila memang ada tokoh yg layak dari luar masyarakat jawa tuk menjadi pemimpin, mengatasi kedaan dalam negerri dan buang jauh jauh mitologi ramalan ramalan nenek moyang sbg Contoh ramalan joyoboyo ataupun keegoisan yg inginkan Indonesia harus dikendalikan/pimpin dari oleh masyarakat Jawa.
    Bila masyarakat Jawa masih tetap seperti itu.. 100 thn lebih kemerdekaan Indonesia tdk akan maju Apalagi menjadi Indonesia Emas...
    Malah yg terjadi Mas Mas yg ambisius pd kekuasaan tanpa mampu membawa indonesia menjadi maju.

    ReplyDelete
  82. Disini akan saya luruskan kenapa masyarakat Jawa melarang putrinya menikah dengan putra Sunda?

    Singkatnya adalah karena mereka masyarakat Jawa memutarkan fakta sejarah yg sebenar !
    Fakta cerita yg sesungguhnya adalah Masyarakat Sundalah yg telah berikrar tak akan menikahkan puterinya pada putra-putra Jawa .

    Seperti yg sudah jelaskan disalah satu komentar Mengenai Kejahatan Majapahit terhadap sepasukan rombongan dari kerjaan Sunda yg dibantai habis dikandang mereka oleh pasukan Bhayangkara Majapahit atas perintah Gajah Mada tuk memenuhi janji sumpah palapa nya .
    Sehingga puteri Dyah Pitaloka pun tak rela dinikahi dan lebih memilih bunuh diri . Atas kejadian itulah masyarakat Sunda berikrar tak akan menikahi putri - putrinya pada orang Jawa.

    Ini koq malah diputar balikan dgn alasan Orang Sunda Tidak Maju....?
    Apa mereka kurang informasi, bahwa Bandung kota yg kreatif .
    Nha,jika sudah kreatif itu disebut pula pandai.
    Dan itambah pula dgn wanita Sunda yg umum nya cantik - cantik lembut halus bila sudah berbicara mbikin lelaki bisa langsung kepincut .

    Maka itulah orang Jawa ingin sekali ndapati wanita Sunda Akhirnya mereka orang Jawa membuat Mitos sendiri. Larangan wanita Jawa menikah dgn Lelaki Sunda. Dan mereka orang sunda yg tak pernah tahu sejarahnya Akan percaya dgn mitos buatan mereka, sebagian orang Sunda menjadi rendah diri derajatnya dihadapan orang Jawa Dikarenakan ter makan oleh mitos yg diada - adakan mereka.

    ReplyDelete
  83. Faktanya...
    Selama Indonesia dipimpin Jawa Maka selama itu kegaduhan politik akan terus berlanjut perekonomian dikuasai asig dan Islam sbg mayoritas menjadi tertindas Cuma saat dipegang Habibi semua kabinetnya moslem Krn Habibi non Jawa.

    ReplyDelete
  84. JawA kowek alias WONG EdanOctober 17, 2017 at 5:18 PM

    Yang pasti orang jawakowek itu rasis ingin menang sendiri segala ingin menguasai mengatas namakan nkri pantas orang aceh, papua ga suka sama anjing jawa kowek alias WONG EDAN

    ReplyDelete
  85. SEBUT SAJA JAWA KOWEK ALIAS WONG EDANOctober 17, 2017 at 5:29 PM

    Di SUMATERA ORANG JAWAKOWEK DISEBUT WONG EDAN, HARUSNNYA ORANG SUNDA NYEBUT ORANG JAWAKOWEK SEBUTAN SAMA, ALIAS WONG EDAN....

    ReplyDelete
  86. Benar sekali...
    Padahal indonesia itu negara yg katanya negara Bhineka Tunggal Ika Tapi dengan Mitos Presiden Harus Orang JAWA. Jelas RASIS Dan Bertentangan dengan Bhineka Tunggal Ika.
    Contoh keadaan dari politik ,ekonomi ,penegakan keadilan , kemakmuran yg tidak merata ditambah hutang negara serta pajak - pajak semuanya menyengsarakan rakyat Yang presidennya adalah jokowi yg Jawa solo.

    ReplyDelete
  87. Artikel gak bermutu, cuma bisa nyiptain PERPECAHAN bangsa Indonesia </3
    Dimana-mana tetap orang Batak paling kaya HHHHA

    ReplyDelete
  88. Menurut survei 80% orang jawakowek tidak sudi pemimpin negara ini dipimpin selain etnis jawakowek, selalu mengatas namakan NKRI pdahal selalu ingin menguasai,memayoritaskan orang jawakowek pantas orang aceh tidak suka sma jawa WONG EDAN....

    ReplyDelete
  89. Klo Anda Anda sekalian tau sejarah asal mula Jawa.
    Siapa yg paling dulu ada itu kerajaan sunda gunung padang.
    Silahkan anda Googling.... Atau di YouTube jg bnyak.
    Masalah mitos org Jawa lbih tua dr Sunda itu adalah pengaruh dari Mataram periangan. Nyatanya nenek moyang kita sama dari Sunda ( gunung Padang ) yg Cianjur. Silahkan agan agan .... Anda tanya2 sama org ahli sejarah, dibuku & tanya2 di perkuliahan atau Dosen2 pun Monggo...

    ReplyDelete
  90. Bukan artikel yang tak bermutu Tapi ambisi JAWA Tuk Memimpin RI Sangat Banyak TAK BERMUTU
    Sekritis - kritis nya Masyarakat JAWA Pada Kepemimpinan RI Yang Dipimpin JAWA .Masyarakat JAWA Tetap Tak sudi,belum bisa rela menerima Dipimpin oleh Non JAWA .Karena itu biar pemimpinnya buta Asal ia Tetap Orang JAWA .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klau org jawa nggk bermutu buat mimpin ,y silahkan situu yg tunjukin

      Delete
  91. koo banyak setujunya yaa... walaupun memalukan hhaha

    ReplyDelete
  92. Jawa itu bodoh tolol, banyak jadi kuli, babu, pelacur, buruh....

    Merasa paling pintar nyatanya 98% suku jawa itu bodoh tolol gak bisa berfikir kritis...

    ITU FAKTA, YG TERSINGGUNG DIA ORANG TOLOL GAK BISA BERFIKIR KRITIS...


    MALAYSIA AJA BENCI SUKU JAWA BABU

    ReplyDelete
  93. Anda terlalu Bangga membuat Dosa di Blog dengan Pemikiran Sendiri yang "Sangat Bodoh"

    Sebaiknya Anda coba dulu bagaimana menjadi Orang Sunda dan Jawa. Lalu kamu boleh menyampaikan Pandangan kamu.

    Dan kalo keadaannya kamu cuma orang bodoh dan sok tau yang bersembunyi dibalik Blog Konyol ini. Anda harus bersiap mendekam di Penjara!

    ReplyDelete
  94. Luar binasa...
    Dari baca opini sampai yg komen2 luar binasa. Apa ini narsisme?
    Semua menganggap diri paling oke, sambil tunjuk jelek2in yg lain.
    Kontes keputihan?, Kontes kecantikan/ketampanan, sampai ngaku2 paling kaya hehehehe...
    Pakai dalih teori Darwin segala (pada sampai sekarang para ilmuwan masih menganggap ada missing link di teori Darwin.
    Apa tampilan fisik itu segalanya. Apakah hanya modal putih, cantik, ganteng bisa menggenggam dunia?
    Bukan kah harta itu bukan titipan Tuhan
    Okeh kalo memang ingin menang2an suku yang the best.
    Mari berlomba-lomba wahai para suku Sunda dan Jawa, tunjukkan mana kiprah mu dalam memajukan Indonesia, tidak hanya di tanah Sunda atau tanah Jawa tapi di seluruh Indonesia.

    Gitu ajah kok pada ribut..
    Hadeh...

    ReplyDelete
  95. Survei Membuktikan 90% orang jawakowek tidak Sudi pemimpin negara ini dipimpin selain etnis jawakowek, Selalu mengatas namakan NKRI padahal selalu ingin Segala Menguasai,, Memayoritaskan orang jawakowek pantas orang aceh tidak suka sama jawa WONG EDAN....

    ReplyDelete
  96. Tetap Jawa itu paling ulet, rajin, dan pekerja keras... Beda sama Sunda. Perempuannya banyak nuntut.

    ReplyDelete
  97. JAWA KOWEK ALIAS WONG EDANFebruary 14, 2018 at 7:28 AM

    Masyarakat JAWA Tetap Tak sudi, Belum bisa rela menerima Dipimpin oleh Non JAWA .Karena itu biar pemimpinnya BUTA Asal ia Tetap Orang JAWA .

    ReplyDelete
  98. Cah iki ora Paham sejarah-sejarah Kerajaan Demak Bintoro Glagah wangi. Mulo podo ribut karepe dewe, Astaghfirullah ... Suro diro joyodiningrat lebur dineng pangestuti.
    Nginiki Pangeran sebrang lor nak weruh pura nanges baten

    ReplyDelete
  99. Aing urang sunda.. Sia urang jawa.. Hirup sauyunan teu aya ραнιяιнιяι.. ѕαвαв sadayana sarua indonesia..👍

    ReplyDelete
  100. Jawa Kowek Tolol Pengidap Inferiority Complex

    ReplyDelete
  101. Emang bener konsep negara indonesia itu gk cocok kalo banyak suku disatuin jadi satu negara, harusnya setiap suku bikin negara sendiri.Gara2 penjajah jadi kacau semua.

    ReplyDelete
  102. Saya sunda saya kurang suka jawa...apalagi tuh pas lagi kerja...rajinnya pass ada bos doang ...carmuk(cari muka) ...anu anu anu

    ReplyDelete
  103. Di tutup ku pantun...jawa kowek dagang apu datang poek eweh nu ngaku....karunya teing wkkkkkk

    ReplyDelete
  104. Ini artikel malah bikin ribut jadi pada rasis. Please bro and sis kita itu satu negara yaitu INDONESIA apa kalian gak kasian sama para pahlawan bangsa yg udah susah payah membela negeri kita tercinta ini ??? So apapun suku kalian kalian tetap orang Indonesia "MERDEKA"

    ReplyDelete