Saturday, November 17, 2012

Review Modem Rev.B zte ac81b

Tanggal 6 Nopember 2012 saya beli Modem Rev.B ZTE AC81B dari situs forum yang cukup terkenal, seharga Rp. 385.000. Alasan saya beli modem Rev.B ini adalah bentuknya yang unik yakni berbentuk zig-zag beda sendiri dan sesuai dengan sifat saya yang berliku2. Alasan lain karena sudah Rev.B jadi pengen punya internet anti lelet. Beberapa waktu sebelumnya saya juga sempet beli modem Rev.B tipe lain yakni Haier CE81b namun dalam waktu 2-3 hari langsung saya jual kembali karena tidak terlalu puas karena bentuknya gambot besar dan agak panjang, dan responnya kurang responsif.

ZTE AC81B


Mari kita mulai dengan spesifikasinya: langsung cek aja di spesifikasi modem zte ac81b

REVIEW:

- Dashboard sama tampilannya seperti ZTE AC682



- Paket Penjualan: Cuma berisi buku panduan, kartu garansi, modemnya, panduan registrasi, tak ada slot pigtail
- Desain: Berbentuk Zig-Zag jadi gak ngebosenin
- Speed: Download = 3 s/d 4 Mbps rata2 tapi klo crowded bisa turun cuma 1,3 Mbps, untuk upload berkisar antara 1-2 Mbps - asumsi diatas adalah di dalam ruangan rumah, sinyal full, tapi pernah bawa keluar rumah speed pernah mencapai 5 Mbps untuk downloadnya. lokasi berada di jakarta.



Kelebihan:
- Tidak Panas seperti umumnya modem zte
- Bentuk model zig-zag beda sendiri (gak ngebosenin)
- Speed Download dan Upload sangat memuaskan.
- Ping rendah jadi sangat cocok untuk online gaming
- Respon cepat
- Modem Rev.B dengan harga termurah
- Engine softwarenya ringan tak seberat Huawei
- Tidak terlalu sering mengeluarkan seri modem seperti Huawei
- Bisa pake Router Hame A15 hasil percobaan sendiri bisa terdeteksi dan tidak ada penurunan speed

Kelemahan:
- Di Locked Smartfren
- Dashboard dialer minimalis


Kesimpulan: Modem Rev.B ini tergolong murah, saya beli cuma Rp.385.000 bedakan dengan huawei ec306 dimana harganya mencapai 699rb, zte ac2791 harganya juga sama 699rb, sedang DF79b Wifi harganya 599rb. cuma seri Haier CE81b aja harganya 390rb hampir sama dengan modem yang saya pake sekarang. maka modem ini tergolong murah. untuk speed sangat memuaskan, tidak seperti modem rev.A yang bisa mencapai titik terendah 0,3-0,4 Mbps sedangkan saya memakai modem ini speed terendah yang saya dapatkan 0,8-1 Mbps jadi tidak ada kendala tatkala saya membuka situs streaming seperti youtube. Dan menurut saya modem ini adalah salah satu modem terbaik yang pernah saya pakai...

Nih lihat bukti saya sedang memakai modem-nya.....




30 comments:

  1. bro, bisa bantuin gak??? kmrn q beli juga modem AC81B, cuman gak bisa konek internet, sms ama telp sih bisa. aq ganti kartu bawaan ama kartu smartfren yg biasa aq pake (EC1260) tapi ya itu tetep gak bisa konek ama kartu bawaan juga sama, cob di kompi laen sami mawon, pleaseee tulungin ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalau kartu bawaan paket modem di lock di modem sesuai type nya. Pernah juga ngalamin kartu paket modem tidak bisa diaktifkan - sebaiknya dikomplain dan minta ganti kartu dulu ke galery smartfren.

      Delete
    2. Sinyal nya pilih yg Hybrid..
      Itu gg bisa conect mungkin karena sinyal yg dipilah hanaya 1X

      Delete
  2. tdk panas y bro? kalo sama ac 682 yang rev A panas mana?tuh modem kan panas bgt utk seri ZTE?

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Bisa kata orang yang pernah nyobaik pake qxdm

      Delete
  4. Bro... ada g modem smartfren revB yg unlock, ga gitu cepat panas n murah lg...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngapain pake yang unlock gan, coba pikir ada gak cdma yang rev.b selain smartfren? gak ada khan. jadi klo beli yang unlock agak sedikit buang2 duit walaupun memang bisa dipake operator cdma lain walaupun hanya rev.a

      Delete
  5. itu pasti dapet 5mb pas masih gratisan gan

    ReplyDelete
  6. klo di daerah jakarta kota pasti bagus, sempat ampe 5mbps, tp lbh bgs yg EC 306-2, ada colokan external antennanya...

    ReplyDelete
  7. jadi pengen beli modemnya..
    itu speedtest bonusnya ya (bukan paket)??

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya coba sama aja kok baik gratisan ataupun paket evo gak ada beda

      Delete
  8. Bos modem yang Haier Ce81B ada slot Antena Eksternal Gak? Pigtail.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada semua, seingat saya baik CE81B maupun AC81B.

      Delete
  9. Sekarang kinerja AC81B bagaimana gan ?
    Ada saran tips dan trik ?
    Karena saya ingin membeli modem baru.

    ReplyDelete
  10. caranya unlock modem smartfren AC81B gimana ya? mohon di share gan :D

    #salam sukses

    ReplyDelete
  11. iya tuh, caranya unlock modemnya gimana gan?

    ReplyDelete
  12. Brooo,, ane juga user AC81B area Malang,, tp lelet gak karuan T_T.. pernah sinyal gede, tp downlink nya & uplink nya 0 Kb/s.. padahal juga ane custom DNS,, tetep aje lelet.. itu gimana ngatasi nya ??

    ReplyDelete
  13. ane pake nih modem semenjak launching..
    emang memuaskan sih..
    tapi ada kendala jika dari anda menggunakan linux OS..
    pengalaman saya pake Ubuntu 12.04.2 LTS (linux)
    walaupun autodetect sama mobile broadbandnya ubuntu.
    tapi ga bisa install driver dashboard atau GUI nya.
    sampai saat ini saya masih menggunakan modem ini di laptop saya ber-OS linux.
    masih mencari cara untuk membuatkan GUI/dashboard di linux khususnya ubuntu.
    thanks

    ReplyDelete
  14. permisi gan mau numpang tanya lokasi TS daerah mana ?
    ane pake AC81B di Daerah Ciledug kok leletnya bukan maen ya?

    ReplyDelete
  15. saya pake ZTE AC27 udah 3 tahun,24 jam nyala, oke2 aja

    ReplyDelete
  16. gan mana lebih unggul modem ac2791 atau ac81B?

    ReplyDelete
  17. pengalaman pribadi, saya pakai 2 jenis modem rev B. yang satu ce81b, dan satunya di mobil pake ac2791. kedua modem itu sama aja bila dicolok router dan station di rumah. salah satunya tidak lebih cepat atau lemot. tapi ac2791 akan terlihat perkasa kalo diajak jalan2 di dalam mobil.

    begitu pengalaman pake rev B keliling

    ReplyDelete