Sunday, June 8, 2008

Sifat Karakter Anak Sulung Tengah Bungsu dan Tunggal

Karakter Anak Sulung / Pertama, Tengah, Bungsu, dan Tunggal. Pemaparan ini adalah sesuai pengalaman dan pengamatan pribadi. Dasarnya adalah sifat karakter manusia adalah dinamis sangat bisa berubah. tergantung dari faktor pengalaman, event penting dalam hidup manusia seperti menikah, kematian orang tua, tinggi badan, tingkat pendidikan, dll 

A. Anak Tunggal

Sifat : Ciri khas anak tunggal suka menggantungkan cita-cita yang tinggi dan sangat idealistic. Anak Tunggal memiliki kadar idealistic yang super tinggi (tertinggi diantara anak yang lain dalam hal jodoh, dan pekerjaan). Anak tunggal juga sangat suka bepergian, berekreasi atapun berpetualang. Anak Tunggal memiliki kesamaan dengan anak pertama yakni tidak suka berbuat ulah (cinta akan perdamaian). Sifat lain anak tunggal adalah tak terduga-duga dalam arti yang luas dan punya potensi tinggi untuk selingkuh dari yang saya amati mungkin hal ini disebabkan ia anak satu-satunya sehingga kepengentahuannya thd lawan jenis sangat tinggi. Kecenderungan si Anak Tunggal lebih suka kepada lawan jenis yang berwajah dan bersikap dewasa.
 

Selera Jodoh: Anak tunggal menurut penelitian Psikolog agak kurang cocok dengan anak tengah, akan banyak konflik terjadi karena banyak perbedaan. Menurut pengamatan dan penelitian saya, anak tunggal kurang suka dengan tipe yang pecicilan (biasanya bungsu) dia lebih suka yang bersikap dewasa dan serius seperti anak Pertama (umumnya).

Contoh tokoh : Sheila Marcia, Cinta Laura, Kirana Larasati, Dian Sastro, SBY, Alexandra Gottardo.

B. Anak Sulung

Sifat : Sifat dasar anak pertama adalah bijaksana, bersikap lebih dewasa dan memiliki paling banyak ilmu namun kadang jarang / tidak pernah dikeluarkan/diucapkan. Anak pertama banyak ilmunya di dalam dirinya namun tidak banyak dikeluarkan oleh ucapan kecuali oleh teman terdekatnya saja. Sifat baik anak Sulung yang lain adalah jarang memukul atau tidak usil karena sifatnya agak serius. Sifat buruk anak Sulung adalah paling perhitungan, paling pelit, dan sangat pemilih dalam urusan jodoh daripada anak-anak yang lain (pada umumnya), dan biasanya sangat mengharapkan sekali pasangan yang ganteng atau yang cantik, ataupun mapan dan berduit. Sifat lain paling kaku dan paling gak luwes untuk menari. Berpikir dulu baru bertindak.

Selera Jodoh :Anak Pertama orangnya pengertian dan dewasa, biasanya langsung suka dengan anak Bungsu dan Tengah (paling ideal ke-kedua anak ini), Untuk terhadap anak Tunggal biasanya cocok karena biasanya Anak Tunggal suka dengan Anak Sulung Tapi belum tentu si Sulung suka liat dulu parasnya dan duitnya biasanya, Kalo ke sama-sama anak sulung bisa aja langgeng cuma punya sifat yang sama jadi agak kurang pas karena ibaratnya posif ketemu positif jadi kurang rame/agak hambar karena sifatnya yang sama, karena pada umumnya Anak pertama menyukai pasangan yang cantik/ganteng atau yang mapan (idealistis dalam urusan jodoh - artinya pilih-pilih)


Contoh : Dessy Ratnasari, Rafi Ahmad, Marchela Zalianty, Nikita Willy, Coky Sitohang, Zaskia Zungkar, Marshanda.

C. Anak Tengah

Sifat : Anak Tengah memiliki sifat dasar Bebas, Pemberani, Percaya diri tinggi dan lebih mudah berekspresi dalam perkataan dan tindakan (Mudah berkomentar, dan sangat luwes dalam gerakan). Sifat baik anak Tengah adalah sangat ramah dan mudah bergaul atau menyesuaikan diri dengan orang lain sehingga dengan mudah disukai banyak orang, disamping itu memiliki jiwa seni lebih tinggi daripada anak yang lain (Seniman) penari, pelukis, pemahat sering dari anak Tengah ini. Sifat kurang baiknya adalah mudah emosi, gampang tersinggung, suka membuat ulah sehingga juga paling mudah dibenci selain mudah disukai. Ringan tangan dalam arti positif  maksudnya mudah mengulurkan tangan dan kakinya untuk menolong orang lain dan arti negatif maksudnya mudah untuk membuat ulah lewat mulut ataupun tangan, mudah untuk bentrok/cekcok dengan orang lain karena anak tengah umumnya gak mau kalah (pengen menang) Anak Tengah paling pemberani diantara yang lain (Bernyali besar). Biasanya Anak Tengah paling mudah berkomunikasi atau akrab juga dengan anak tengah tapi juga gampang konflik juga dengan anak tengah itu sendiri.

Jodoh : Kalo menurut ilmu jodoh psikologi anak tengah kurang cocok dengan anak tunggal disebabkan karena banyaknya perbedaan dan akan ada konflik. Anak tengah akhirnya akan mencari jodoh yang akan dapat memenangkan hatinya.


Contoh : Tukul Arwana, Britney Spears, Dewi Sandra, Intan Nuraini, Acha Septriasa, Shireen Sungkar (Cinta Fitri), Michael Jackson, Olla Ramlan.

D. Anak Bungsu

Sifat : anak bungsu memiliki sifat Fun (menyenangkan) dan manja (kolokan) dikarenakan sudah mempunyai kakak-kakak diatasnya jadi merasa menggantungkan dengan kakaknya atau orang tuanya tapi tidak selalu juga. Anak Bungsu kurang cocok untuk jadi seorang pemimpin karena kurang tegas. Kebaikan anak Bungsu ini umumnya berbadan paling sehat, jarang mengalami sakit apalagi yang berat-berat, dan biasanya paling awet muda diantara anak-anak yang lain (baby face). Sifat buruk dari anak Bungsu adalah boros dan kurang suka menabung dan tak terlalu perhitungan.

Jodoh :Paling Super Ideal dengan Anak Sulung karena ketemu positif-negatifnya (tarik menariknya paling kuat) Baru keidealan selanjutnya ke Anak Tengah dan Bungsu itu sendiri.


Contoh : Titi Kamal, Melanie Putria, Shahnaz Haque, Carissa Putri, Rianti Cartwright, Tika Putri, Ria Irawan.

KASUS-KASUS 

- Ada pertanyaan bagaimana kondisinya kalo seperti Fitri Tropica (artis) dimana Ia sekarang anak Tunggal, namun dia juga asalnya juga anak Tengah karena kakak adiknya sudah meninggal. Lalu sifatnya Fitri masuk ke sifat Anak Apa? jawabannya adalah Mayoritas Lebih besar ke Anak Tengahnya 90% Lebih karena pada dasarnya Fitri adalah Anak Tengah dan lahir sebagai anak tengah yang pernah punya kakak dan adik walaupun ia sekarang posisinya sebagai Anak Tunggal.

- Di pemaparan diatas disebutkan bahwa anak bungsu dasarnya adalah kolokan (manja) namun itu bisa menjadi hilang kalau orang tua sakit-sakitan, atau bahkan orang tua telah tiada, dan kalau si bungsu telah kawin/menikah. 

Review by : Yudha

9 comments:

  1. terimakasih infonya...
    ad pertanyaan lanjutan mengenai karakter anak tengah... bagaimana sesorang menjadi anak tengah...?!
    apakah ank kedua dr 3 bsaudara atau yg lain... dan karena saya masih bingung utk anak tengah...

    ReplyDelete
  2. tapi menurutperhitungan jawa, anak sulung g jodoh dengan anak bungsu, mohon pencerahannya.krn saya jg sdng mengalami masalh ini....say anak sulung dan pacar saya anak bungsu kedua orang tua kami melarang kami berhubungan dengan alasan itu...

    tq
    rmt

    ReplyDelete
  3. Untuk Se Artan, ya semua anak yang posisi di tengah punya sifat anak tengah.
    contoh :
    anak ke 2 dari 3 bersaudara
    anak ke 5 dari 7 bersaudara dst

    Untu bung rahmat, saya kurang ngerti alasan orang tua melarang tentang itu. karena mestinya justru sangat cocok, mungkin orang tua anda kurang suka dengan sifat2 anak bungsu yang boros, kurang dewasa dll tanyalah orang tua anda kenapa melarangnya...

    ReplyDelete
  4. makasih atas informasinya,,
    karena saya anak kedua dari tiga bersaudara,,

    ReplyDelete
  5. @Rachmat, jangan terlalu terpengaruh sama perhitungan jawa, toh yang menjalani hidup ya anda sendiri.. Anda harus bisa mengambil sikap sebagai seorang laki2 calon pemimpin, calon kepala keluarga, dsb.
    Urusan cocok atau ngga, itu urusan nanti, kalaupun jodohnya ngga langgeng, ga usah disangkutpautkan sama perhitungan jowo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ada benarnya juga, intinya sama2 pengertian...ya gak

      Delete
  6. Saya anak sulung . Betullah apa artikel tu tulis . Saya memang jarang nak bercakap selain dengan kawan baik .

    ReplyDelete
  7. anak tengah di hitung mulai dari anak setelah anak pertaman dan sebelum anak terakhir,itu yg di maksud dengan anak pertama

    ReplyDelete