Saturday, November 8, 2008

Perbandingan Kartu Prabayar GSM

Saya akan menjabarkan karakteristik dari masing-masing operator GSM, mungkin sebagai informasi dan bahan pertimbangan bagi teman-teman sekalian sesuai dengan pengalaman pribadi saya sebagai pengguna masing-masing kartu. Bagaimana dengan kartu A, bagaimana dengan kartu B dan segala sesuatu tetek bengeknya.

1. Telkomsel

Operator GSM Telkomsel bisa dibilang the winner dalam meraih pangsa pasar telekomunikasi saat ini yakni telah menggaet 58 juta pelanggan. Peluncuran perdana telkomsel adalah pada tanggal 26 Mei 1995 dan meluncurkan paket prabayar simpatinya pada November 1997. Telkomsel juga memiliki BTS paling banyak yakni sekitar 24.000 bts. Perlu diketahui untuk produk prabayar Telkomsel telah mengeluarkan 2 produk, Simpati berfokus di suara, dan As di layanan data.

Nilai Plus (+) :
1. Suaranya paling alami (natural) sehingga kita bisa tahu siapa itu yang menelpon seandainya itu adalah suara teman kita yang dikenal.
2. Memiliki coverage paling luas diantara operator GSM yang lain terbukti memiliki BTS paling banyak yakni 24.000 bts.
3. Tingkat keberhasilan telpon dan sms paling tinggi diantara yang lain.
4. Cocok untuk para profesional, dan para pelaku bisnis.
5. Banyak didukung oleh provider content atau kuis melalui sms.
6. Banyak undian berhadiahnya melalui program telkomsel poin.
7. Ada location update di layar HP.
8. Memiliki fitur, fasilitas dan layanan terlengkap daripada Opsel yang laing.

Nilai Minus (-) :
1. Memiliki kecenderungan tarifnya yang mahal.
2. Tidak ada fitur CLIR dimana operator lain sudah memiliki semuanya.
3. Tidak bisa Telp ke nomer darurat seperti 110, 118 dll
4. Call center-nya cenderung bicara cepat, kurang ramah, dan berani kepada pelanggan kalo diibaratkan "kami adalah yang berkuasa".

2. Indosat

Operator GSM Indosat adalah yang tertua di Indonesia, yakni mulai beroperasi pada layanan GSM-nya pada tahun 1994. Saat ini total jumlah BTS yang dimiliki Indosat adalah 12.000 unit. Indosat saat meraih posisi runner-up dalam perolehan pangsa pasar pelanggan di Indonesia. Komposisi jumlah pelanggannya adalah per juli 2008, Mentari 10 juta, IM3 sebanyak 22 juta, Matrix sebanyak 700 ribu, dan Starone 800 ribu pelanggan.


Kelebihan Mentari:
1. Cocok juga untuk kalangan profesional dan para pebisnis.
2. Stabil dalam melakukan telp dan sms (dalam kondisi normal).
3. Sinyal kuat, walaupun di basement atau di gunung2 masih ada sinyal

Kekurangan Mentari :
1. Suaranya buram, kurang jelas.
2. Tidak bisa telp ke nomer darurat 110, 118 dll.
3. Tarifnya mahal

Kelebihan IM3:
1. Suaranya natural dan sangat jelas (clear), kita juga akan bisa tahu siapa yang telp (menurut saya IM3 Terbaik dalam hal voice clarity)
2. Ada fitur Call Barring yang jarang dipunyai kartu GSM prabayar manapun.

3. Sangat cocok bagi yang berjiwa muda, dengan tetap memperhatikan kualitas.
4. Sinyal kuat, walaupun di basement atau di gunung2 masih ada sinyal




Kelemahan IM3:
1. Kecenderungan tarif IM3 masih argo kuda (mahal).
2. Kalo untuk ke operator lain tarifnya masih mahal.



3. XL

PT. Excelcomindo Pratama Tbk mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 oktober 1996. XL memiliki BTS sampai dengan tulisan ini dibuat sebanyak 15.000 BTS. Dalam peraihan pangsa pasar juga XL meraih urutan ketiga, yakni telah menggaet 24 juta pelanggan.

Kelebihan:
1. Jaringan-nya paling stabil, BTS-nya jarang down.

2. Call center-nya paling ramah dan profesional, bisa diibaratkan kita diperlakukan layaknya Raja "The King".
3. Percakapan Anda tidak akan terputus-putus kalo pake XL, kuacungi jempol, kalo putus-putus berarti kartu yang disana bukan pake XL.
4. Ada location update di layar Hp Anda.

5. Cocok bagi kaum profesional.

Kekurangan:
1. Suaranya ada efek gema seperti dalam gua.
2. Murah hanya sesama Xl, untuk ke operator lain masih mahal.
3. Pentarifannya masih rumit, bikin pusing kepala.
4. Telp ke customer service bayar.


4. Three HCPT

Three mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 30 Maret 2007. Telah memiliki 4000 lebih BTS dengan perolehan jumlah pelanggan sampai dengan tulisan ini dibuat sebanyak 3,2 juta pelanggan. Three untuk kepemilikan sahamnya dimiliki oleh 2 perusahaan besar yakni Hutchison dari Hongkong sebesar 60% dan Charoen Pokphand dari Thailand sebesar 40%.

Kelebihan :
1. Tarifnya cenderung murah, yakni tarif sms Rp. 82 / sms, Rp. 438 per mnt lokal ke operator lain, RBT 30 hari Rp. 7700, telpon ke 1212 hanya Rp. 550 per panggil.
2. The King dalam urusan SMS, Anda dapat mengirimkan sms secara gratis ke operator lain atau sesama dengan hanya mengirimkan 6 sms saja, jadi sangat cocok bagi para marketer yang ingin memasarkan barangnya dengan biaya yang sangat murah.
3. Telp ke LN sekarang paling murah diantara kartu manapun yang ada di Indonesia, yakni hanya min. Rp.110 / mnt ke singapura atau Rp. 299 / mnt ke 19 negara.
4. Bisa dibawa ke luar negeri (International roaming).
5. Sangat cocok untuk bagi siapa saja yang ingin tampil beda, dan ingin adanya perubahan dalam gaya hidupnya.
6. Didukung oleh YM, FB dan Twitter.

Kelemahan :
1. Suara sering bergema (suara berulang)
2. Durasinya masih per menit, yang akan membuat rugi pelanggan jika hanya telp 3 detik saja.
3. Coverage-nya kurang luas masih mencakup Jawa, Sumatra, Bali, P. Lombok, dan P Batam.
4. Sistem dan jaringanya kurang stabil, misalnya Sinyal naik-turun, pulsa kepotong, SMS tidak terkirim atau lama sampainya, jadi agak kurang cocok bagi para profesional atau pelaku pebisnis.
5. Di dalam gedung sinyal kurang.
6. Tidak bisa telp ke nomer darurat 110, 118, 115 dll.


5. Axis

Produk baru Axis dari perusahaan Natrindo Telepon Seluler (NTS) dimana commercial launch national sekitar penghujung April 2008 . NTS ini dimiliki oleh 2 perusahaan besar yakni Saudi Telecom Company (STC) dan Maxis Communication Berhad dari Malaysia. Dalam peraihan jumlah pelanggan sudah mencapai 2 juta untuk aktivasinya namun bersihnya hanya 1,6 juta pelanggan saja sampai dengan saat ini. BTS-nya untuk saat hanya memiliki 2000 bts dan targetnya akan membangun 80 BTS per minggu. Axis ini memiliki motto "GSM yang Baik".

Kelebihan :
1. Fokus di harga murah dengan tetap memperhatikan kualitas.
2. Tidak bikin sesak napas karena sangat hemat sekali. pembulatan per 20 detik untuk telp OFF-net.

3. Tarif SMS-nya sangat murah yakni hanya kirim 5 sms akan gratis 10.000 sms perhari.
5. Banyak bonus yang didapat seperti bonus sms, waktu bicara, bonus pulsa, internet.
6. Ada fitur Call Barring.
7. Simple tarifnya
8. Didukung oleh Twitter dan FB (artinya bisa kirim dan terima comment di FB dan Twitter)
9. Sangat cocok bagi kaum yang menginginkan adanya gebrakan belenggu tarif mahal dan 'kritis harga'.

Kelemahan:
1. Masih banyak blank spot (Terutama di daerah dan di dalam gedung tertentu - di basement jangan berharap dpt sinyal yang kuat)
2. Telp ke customer service bayar (ke 831)
3. Belum ada internet unlimitednya yang murah, atau masih mahal yakni Rp.15.000 per hari unlimited.
4. Belum ada sinyal HSDPA. Maksimum masih 3G.

NB: Kalo buat sensitif kualitas sebaiknya pilih operator yang udah lama seperti Indosat. buat para profesional, pebisnis sama juga operator lama sepertinya lebih cocok, operator baru cocok bagi yang kritis harga.

4 comments:

  1. hmmmm. tetap pilihankoe XL tuk komunikasi.. terutama sambungan ke amrik & cina yg murah saat ini. Cek kemampuan maintenance BTS XL di rebungbambu.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. tetep m3 cocok deh buat kantong
    dan cukup lah pelayanannya

    ReplyDelete
  3. Buat Kamusarea, M3 sebetulnya bagus dan sangat nyaman, pemakaianya juga setia dan berjiwa muda. M3 itu stabil, fitur lengkap, suara bagus, cuman kelemahannya masih mahal, tapi ya sesuai lah dengan kualitasnya.

    ReplyDelete